IBL

Mungkin tidak begitu penting, namun berita ini punya pesan yang mendalam. Khususnya bagi para pemain basket untuk lebih dewasa dalam hal memilih warna sepatu. Kabar ini datang dari Reggie Miller, legenda NBA yang sekarang jadi komentator pertandingan. Dia mengkritik pemilihan warna sepatu pemain yang terkesan tidak menghormati klubnya. 

Mantan pemain andalan Indiana Pacers tersebut mengungkapkan kekecewaannya selama siaran langsung pertandingan Los Angeles Lakers melawan Boston Celtics, pada hari Rabu, 14 Desember 2022, waktu Indonesia. Miller mengatakan bahwa Russell Westbrook dan Marcus Smart tidak menghormati klubnya masing-masing. 

Pada laga tersebut, Westbrook memakai Jordan WhyNot.5 dengan warna hijau dan emas. Sedangkan Smart mengenakan sepatu Puma berwarna kuning. Menurut Miller, warna tersebut kebalikan dari klubnya masing-masing. Celtics identik dengan warna hijau, sedangkan Lakers punya warna kebesaran Ungu dan Emas, yang direpresentasikan menjadi warna kuning. 

"Dia bermain melawan Boston Celtics, yang dibenci fans Lakers. Jadi lebih baik tidak memakai sepatu berwarna hijau," ucap Miller, mengomentari pilihan warna sepatu Russell Westbrook. 

Foto: Sports Illustrated

Miller berani berkata demikian karena dia juga duta Jordan Brand. Namun menurutnya, saat Jordan Brand memberinya sepatu khas, Miller tidak meminta warna yang identik dengan lawannya. Setidaknya, kalau pun ada, Miller tidak memakai sepatu dengan warna khas milik lawan. 

Dikutip dari Sports Illustrated, sebelum musim 2018-2019, liga melonggarkan aturan yang mengizinkan pemain memakai sepatu dengan warna apa pun di lapangan. Padahal sebelum ada aturan tersebut, pemain hanya diperbolehkan memakai sepatu dengan warna yang senada dengan seragam klubnya. Jadi apa yang dilakukan Westbrook dan Smart memang tidak melanggar aturan liga. Hanya saja, Reggie Miller meminta kebijaksanaan pemain untuk menghormati warna identik klubnya sendiri. (*)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar