IBL

Kabar tidak sedap kembali menghampiri NBA. Kali ini kabar datang dari mantan pemain yang pernah tiga kali terpilih di laga All-Star sekaligus bintang Houston Rockets yang pernah meraih gelar Rookie of the Year, Steve Francis.

Berdasarkan laporan TMZ, Francis diamankan polisi Los Angeles setelah terlibat keributan di sebuah bar di Burbank, Los Angeles, California. Pria 41 tahun ini terlibat perkelahian dengan sesama pengunjung bar tersebut.

Polisi meyakini Francis sedang dalam pengaruh alkohol saat ia ditangkap mendekati Senin tengah malam, 19 Maret 2018 waktu setempat. Ia sempat ditahan selama beberapa saat untuk keperluan penyelidikan sebelum akhirnya dibebaskan pukul 7 pagi waktu setempat.

Ini bukan kali pertama Francis berurusan dengan pihak berwajib. Pada 2016 lalu, pria yang juga pernah membela New York Knicks ini ditangkap karena mabuk. Bedanya, kala itu ia berkendara sambil mabuk dan membahayakan pengendara lainnya. Dalam proses penangkapannya kala itu, Francis juga sempat melontarkan ucapan kasar kepada polisi. Ia lalu dikenai hukuman berupa denda sebesar AS$1000 plus penahanan surat izin mengemudi selama satu tahun.

Kabar penangkapan Francis ini seolah memberikan klimaks pada artikel yang ia tulis di The Player’s Tribune 8 Maret 2018 lalu. Ia bercerita tentang karirnya yang berantakan di NBA dan juga tentang masa kecilnya yang dikelilingi cerita-cerita kelam.

Ceritanya, Francis kecil tumbuh di lingkungan yang buruk Washington D.C., Amerika Serikat. Ayah biologisnya dihukum selama 20 tahun akibat merampok bank, sang kakak pun mengedarkan narkoba. Francis bahkan sempat mengikuti jejak sang kakak sebagai salah satu pengedar narkoba ternama di usia 18 tahun.

Nasib berkata lain, empat tahun berselang ia berhasil menginjakkan kaki di NBA dan bermain bersama dua pemain yang masuk dalam daftar Hall of Fame, Hakeem Olajuwon dan Charles Barkley. Bertemu dengan bintang-bintang lainnya yang ia idolakan saat masih muda seperti Gary Payton dan Allen Iverson.

Satu hal yang tidak berubah dari Francis adalah hubungan akrabnya dengan alkohol. Masih dari artikel yang ia tulis, Francis berani bersumpah bahwa ia sama sekali tidak pernah menggunakan obat-obatan terlarang sepanjang hidupnya. Satu-satunya masalah pada dirinya adalah fakta bahwa ia adalah pecandu alkohol, dan hal itu merupakan salah satu faktor yang menghancurkan karirnya.

Francis adalah satu dari sekian banyak contoh kehancuran karir di masa tua. Dennis Rodman dan Allen Iverson juga pernah mengalami hal-hal serupa. Fakta-fakta ini seakan kembali mengingatkan bahwa roda kehidupan akan selalu berputar seiring berjalannya waktu.

Foto: The Player’s Tribune 

Komentar