IBL

Sehari setelah memastikan Las Vegas Aces ke babak puncak WNBA 2022, A’ja Wilson terpilih menjadi pemain terbaik atau most valuable player (MVP). Ini menjadi penghargaan individu kedua A’ja musim ini. Pemain berusia 26 tahun itu sebelumnya juga terpilih sebagai Defensive Player of the Year (DPOY) 2022.

Ini merupakan gelar MVP kedua bagi A’ja. Ia pernah terpilih sebagai MVP WNBA 2020. Saat itu ia juga mengantar Aces melaju ke final. Sayangnya, mereka takluk 0-3 dari Seattle Storm. Kali ini A’ja berhasil mengungguli kandidat lainnya yaitu bintang Storm, Breanna Stewart.

A’ja mengumpulkan 31 dari 56 suara dengan total 478 poin dari panel media. Sedangkan Stewart diurutan kedua dengan 23 suara dan total 446 poin. Sebagai peraih MVP WNBA 2022 ini, A’ja juga berhak atas hadiah sebesar AS$15,450 serta sebuah trofi dari Tiffany & Co.

Selain A’ja dan Stewart, kandidat MVP WNBA 2022 lain adalah Kelsey Plum (Las Vegas Aces) diperingkat ketiga dengan 181 poin. Kemudian Alyssa Thomas (Connecticut Sun) dengan 94 poin. Candace Parker di urutan kelima dengan 78 poin.

“Itu bahkan tidak terdengar nyata. Meraih MVP adalah sesuatu yang bahkan tidak Anda impikan. Melihat daftar orang-orang yang telah memenangkannya lebih dari satu, dan itu luar biasa untuk dipikirkan,” kata A’ja dilansir melalui laman ESPN pada Kamis (8/9) itu.

Selama musim reguler, A’ja mencetak rata-rata 19,5 poin, 9,4 rebound, dan 1,9 blok. Ia memimpin liga dengan 17 kali dobel-dobel. Selama playoff ini ia rata-rata mencetak 20,5 poin, 10,8 rebound, dan 2,3 blok. A’ja meraih 30 poin dan dobel-dobel beruntun dalam gim kedua dan ketiga melawan Storm.

A’ja menjadi pilihan pertama WNBA Draft 2018. Ia langsung terpilih sebagai Rookie of the Year. Kemudian empat kali masuk WNBA All-Star. Dalam karier internasionalnya, ia turut membantu timnas putri Amerika Serikat meraih emas Olimpiade Tokyo dan FIBA Women’s World Cup 2018.

A’ja menjadi pemain ketujuh dalam sejarah liga yang memenangkan penghargaan MVP lebih dari sekali. Selain A’ja nama-nama lain adalah Lauren Jackson, Lisa Leslie, dan Sheryl Swoopes yang meraih tiga kali MVP. Lalu ada Cynthia Cooper, Elena Delle Donne, dan Candace Parker yang meraih dua kali MVP.

Dengan raihan tersebut makin menguatkan dominasi Aces musim ini. Selain A’ja, mereka juga meraih penghargaan lain. Becky Hammon terpilih sebagai Coach of the Year. Lalu Jackie Young menjadi Most Improved Player. Musim ini Aces juga memenangkan Commissioner’s Cup.

Aces berusaha mengejar cincin juara pertamanya. Mereka melaju ke playoff sebagai unggulan pertama. Pada babak final nanti, mereka menunggu pemenang antara Chicago Sky dan Connecticut Sun. (rag)

Foto: WNBA

Komentar