IBL

FIBA World Cup akan berlangsung pada 25 Agustus-10 September 2023. Indonesia menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang. Tepat satu tahun menjelang event tersebut, panitia pelaksana lokal Indonesia memperkenalkan Raffi Ahmad sebagai local brand ambassador (duta lokal).

Ketua Joint Management Committee (JMC) FIBA Basketball World Cup 2023 Cahyadi Wanda mengatakan pemilihan Raffi karena ada beberapa pertimbangan dari panpel lokal dan FIBA.

“Pemilihan Raffi adalah hasil dari koordinasi antara panitia pelaksana lokal dengan FIBA. Setelah seleksi yang cukup panjang, akhirnya terpilih Raffi sebagai local ambassador FIBA Basketball World Cup 2023,” ujarnya dalam acara Hitung Mundur Satu Tahun Menuju FIBA World Cup 2023 di kawasan Senayan, Jakarta pada Kamis (25/8) itu.

Selain sebagai figur publik tanah air, Raffi juga berkecimpungan di dunia olahraga. Dia memiliki klub basket di IBL yaitu RANS PIK Basketball. Pada debutnya di IBL 2022 ini RANS melaju ke babak playoff.

“Saya merasa terhormat dan bangga terpilih menjadi ambassador FIBA World Cup 2023 untuk Indonesia. Ini jadi portofolio saya untuk bola basket dan Merah-Putih,” ujar Raffi dalam sambutannya.

Selain memperkenalkan duta lokal, panpel juga masih punya satu agenda lagi, yakni meluncurkan Jam Hitung Mundur Tissot FIBA Basketball World Cup 2023 pada Sabtu (28/8) di Bundaran HI, Jakarta. Tema event nanti adalah Win for All.

Meski berstatus sebagai tuan rumah, tim nasional (timnas) Indonesia sendiri tidak akan tampil. Mereka tidak memenuhi syarat dari FIBA untuk lolos babak kualifikasi maupun masuk delapan besar FIBA Asia Cup 2022 lalu.

Sebagai persiapannya, pemerintah Indonesia juga membangun venue khusus berupa stadion indoor terbesar di Kawasan kompleks olahraga Gelora Bung Karno, Jakarta. Pemerintah membangun Indonesia Arena yang memiliki kapasitas 16 ribu penonton. Venue itu ditargetkan selesai pada Juni 2023 mendatang. (rag)

Foto: FIBA World Cup

Komentar