IBL

Dominasi Satria Muda Pertamina Jakarta belum terpatahkan. Mereka berhasil mencapai final Indonesian Basketball League (IBL) 2022. Tim asuhan Youbel Sondakh itu mengalahkan Prawira Bandung 73-54 dalam gim kedua pada Minggu (21/8).

Dengan hasil itu Satria Muda belum terkalahkan selama babak gugur. Mereka selalu menyapu bersih dua kemenangan dalam skema best of three. Pada playoff lalu Satria Muda juga menang 2-0 atas Amartha Hangtuah Jakarta.

Ini juga menjadi final kelima secara beruntun bagi Satria Muda. Mereka selalu lolos ke babak puncak sejak IBL 2017. Dari empat final sebelumnya, dua diantara berhasil dimenangkan oleh Satria Muda (2018 dan 2021). Kecuali pada IBL 2022 dimana kompetisi dihentikan karena pandemi Covid-19.

“Ini menjadi tradisi kami untuk terus berada di level tersebut. Kami senang melakukan hal itu setiap tahun karena dituntut menjadi yang terbaik. Kesempatan ini belum selesai. Ini jadi motivasi kami meneruskan tugas yang sudah ada,” kata pelatih Satria Muda Youbel Sondakh.

Pada pertandingan melawan Prawira di GOR C-Tra Arena itu, Satria Muda mendapatkan momentum pada dua menit terakhir kuarter ketiga. Tembakan gratis Brachon Griffin membawa Satria Muda unggul 44-43. Sebelumnya kedua tim sudah lima kali berganti kedudukan dan empat kali skor imbang.

Keunggulan Satria Muda makin nyaman setelah Prawira kehilangan Yudha Saputra yang cedera pergelangan kaki di akhir kuarter ketiga. Pada kuarter keempat Satria Muda mampu mencetak 12 poin beruntun dan memperlebar margin hingga 19 poin.

Satria Muda memanfaatkan 20 turnovers Prawira menjadi 18 poin. Kedua tim sama-sama mencetak 20 poin dari paint area. Kedalaman skuad Satria Muda ditunjukkan dengan 40 poin dari pemain cadangan.

“Pertahanan kami sudah mulai terlihat. Ini membuat Prawira sampai melakukan 20 turnovers. Memang agak berjuang di awal. Ada Bram dan Yudha yang onfire dan kami harus menghentikan pergerakan mereka,” lanjut Youbel.

Avan Seputra memimpin Satria Muda dengan 16 poin dan lima rebound. Dia mencetak empat dari enam tropoin selama 27 menit. Elijah Foster memberikan 13 poin dan sembilan rebound. Disusul Arki Dikania Wisnu dengan 12 poin.

Sementara hanya enam pemain Prawira yang mencetak poin pada gim tersebut. Yudha Saputra yang tidak turun di kuarter keempat menyumbang total 17 poin, enam rebound, dan empat steal. Dennis Miles Jr 16 poin dan Abraham Damar Grahita sembilan poin. (rag)

Foto: IBL

Komentar