IBL

Prawira Bandung merebut kemenangan pertama dari Dewa United Surabaya pada laga playoff IBL 2022. Dalam pertandingan tersebut (13/8), Prawira unggul 78-74. Satu kemenangan lagi akan membuat Abraham Damar Grahita dkk melaju ke semifinal.

Pada gim itu Prawira mengunci keunggulan sejak dua menit terakhir kuarter pertama. Setelah itu Prawira nyaris tidak terkejar sepanjang gim. Pada awal paruh kedua Prawira sempat membuat margin terjauh dengan 10 poin.

Meski begitu Prawira tidak menang dengan nyaman. Dewa United sempat menyamakan 57-57 ketika kuarter kedua berjalan dua menit. Prawira melaju dengan meraih tujuh poin beruntun. Dewa United memang memberi perlawanan ketat di akhir laga. Tapi mereka tidak pernah bisa unggul dari Prawira.

Buruknya eksekusi tembakan gratis membuat Prawira tidak bisa lepas dari bayang-bayang Dewa United. Dari 39 kali kesempatan, tim asuhan David Singleton itu hanya bisa memasukkan 21 kali dengan akurasi 53,8 persen.

“Tentu saja hasil akurasi tembakan gratis kami menjadi catatan penting untuk hari ini. Jika bisa memanfaatkan kesempatan itu dengan baik, tentunya akan sangat menguntungkan buat kami,” kata pelatih Prawira Bandung David Singleton usai pertandingan.

Dari segi field goals keduanya tidak beda jauh. Prawira mencetak 26/50 dengan akurasi 52 persen. Sedangkan Dewa United mencetak 26/58 dengan akurasi 44,8 persen. Untungnya Prawira memanfaatkan 20 turnovers Dewa United menjadi 19 poin. Dari 78 poin yang dicetak Prawira kali ini, 29 poin dibukukan dari bangku cadangan.

“Jika kami bisa menembak dengan bagus, mungkin gim ini akan berlangsung lebih nyaman buat kami. Selain itu Dewa United juga terus memberi perlawanan hingga akhir. Kami yakin akan lebih baik besok,” imbuh Singleton.

Pemain asing baru Prawira, Dennis Miles Jr mencetak 19 poin dan tujuh rebound selama 15 menit bermain. Yudha Saputera memberikan 15 poin, enam rebound, enam asis, dan tiga steal. Abraham Damar Grahita 13 poin dan M. Reza Guntara 12 poin.

Kaleb Ramot Gemilang menjadi top skor dengan 28 poin, enam rebound, dan empat steal. Zoran Talley Jr mencetak 20 poin dan lima rebound. Xaverius Prawiro menambah 11 poin untuk Dewa United.

“Pada paruh kedua kami banyak melakukan kesalahan yang tidak perlu dan membuat mereka banyak mendapat tembakan gratis. Masih ada harapan dan peluang. Meski kami main jelek, kami hanya kalah empat poin saja,” kata Kaleb. (rag)

Foto: IBL

Komentar