IBL

Satria Muda Pertamina Jakarta menginjakkan satu kaki di semifinal IBL 2022. Pada laga pertama playoff hari Sabtu (13/8) itu, Satria Muda menang tipis dari Amartha Hangtuah Jakarta 88-86 di GOR C-Tra, Arena, Bandung.

Dengan hasil tersebut, Satria Muda makin dominan atas Hangtuah. Tim asuhan Youbel Sondakh itu menyapu bersih enam pertemuan terakhir atas Hangtuah. Sebelumnya Satria Muda unggul 85-67 pada pertemuan di musim reguler (31/1)

Berbeda dari lima pertemuan sebelumnya dimana Satria Muda tanpa kesulitan membungkan Hangtuah. Pada gim kali ini Satria Muda justru menghadapi tekanan cukup berat. Hangtuah mengambil kesempatan melalui fastbreak dengan 24 poin dan meraih 26 poin dari second chance.

Pelatih Youbel Sondakh tidak menampik bahwa ada pengaruh dari jeda cukup lama terhadap penampilan timnya kali ini. “Faktor itu ada. Tetapi kami lebih banyak ke kesalahan-kesalahan yang kami sudah tahu masalahnya. Tapi mungkin tadi kami belum 100 persen dan Hangtuah juga cukup percaya diri,” ujarnya.

Sempat memimpin 11 poin pada paruh pertama. Setelah itu Hangtuah mengimbangi hingga terjadi 11 kali pergantian kedudukan dan sembilan kali imbang. Sayangnya tembakan tripoin terakhir Ronnie Lee Boyce III pada detik-detik terakhir hanya bisa memangkas dua margin.

“Defense kami belum keluar. Biasanya bisa the best defensive team of the league kali ini tetapi hari ini off banget. Ini yang perlu kami rapikan lagu buat kedepan biar nggak terlalu seperti ini,” kata Youbel.

Semua pemain yang diturunkan Satria Muda menyumbang poin. Elijah Foster mencetak dobel-dobel dengan 31 poin dan 14 rebound selama 25 menit. Arki DIkania Wisnu meraih 17 poin, lima rebound, dan empat asis. Disusul Juan Laurent Kokodiputra dengan 13 poin dan enam rebound.

Boyce III y menjadi pemain asing Hangtuah menggantikan LaQuavius Cotton. Boyce III mencetak 26 poin, enam rebound, dan tiga steal. Gunawan memberikan 17 poin dan enam rebound.Fisyaiful Amir 16 poin dan Kelly Purwanto 11 poin.

Gim kedua akan berlangsung pada besok (14/8). Satria Muda hanya butuh satu kemenangan lagi. Jika Hangtuah berhasil menyamakan kedudukan, maka gim ketiga akan digelar pada Selasa (16/8) mendatang. (rag)

Foto: IBL

Komentar