IBL

Satria Muda Pertamina Jakarta menjadi tim pertama yang mengunci tiket semifinal. Mereka menang dua gim langsung atas Amartha Hangtuah pada Minggu (14/8) di GOR C-Tra Arena, Bandung. Pada gim tersebut Satria Muda unggul dengan skor 82-75. Sehari sebelumnya mereka menang 88-86.

Berbeda dengan gim pada hari Sabtu (13/8) lalu, pada gim kedua ini Satria Muda mendapatkan momentum pada 15 menit terakhir. Pada paruh pertama Hangtuah sempat memimpin dengan margin 11 poin.

Pengejaran Satria Muda membuahkan hasil di awal kuarter keempat. Dua tembakan gratis dari Elijah Foster membawa kembali keunggulan Satria Muda menjadi 59-60. Tim asuhan Youbel Sondakh itu melaju meninggalkan Hangtuah dengan keunggulan tujuh poin.

“Kami bermain luar biasa di 15 menit terakhir. Energi seperti itu yang ingin terus kami jaga karena saat itulah bisa keluar kekuatan asli kami. Sambil juga menjaga feel bermain yang sempat hilang selama empat bulan,” kata Youbel dalam sesi jumpa pers usai gim.

Satria Muda unggul dengan 31 defensive rebound dari total 50 rebound. Mereka juga mendapat 25 poin dari second chance. Satria Muda juga mendapat 13 poin dari 10 turnover Hangtuah.

Rotasi yang dilakukan membuat Satria Muda memiliki 35 poin dari pemain cadangan. Dari seluruh pemain yang diturunkan, hanya satu pemain yang tidak mencetak poin. Mereka juga melepas 32 dari 67 tembakan.

“Rotasi pemain membuat sisi pertahanan kami agak membaik di kuarter ketiga. Dari awal saya tekankan jika penjagaan bagus, hasilnya juga bakalan bagus,” lanjut Youbel.

Elijah Foster menjadi top skor dengan 21 poin dan 11 rebound. Arki Dikania Wisnu 13 poin dan enam asis. Brachon Griffin 12 poin, Juan Laurent Kokodiputra 10 poin, dan Laurentius Steven Oei 11 poin.

Ronnie Boyce III memimpin Hangtuah dengan 19 poin dan lima rebound. Kelly Purwanto tampil selama 29 menit mencetak 12 poin dan empat asis. Gunawan dan Anton Waters mengombinasikan 18 poin.

“Ada keunggulan 11 poin di kuarter ketiga tetapi kami mulai lelah. Lalu banyak momentum penting di kuarter keempat malah bisa dimanfaatkan sebagai poin oleh Satria Muda. Ada 14 poin dari turnover sangat krusial di kuarter keempat,” ungkap pelatih Hangtuah Antonius Ferry Rinaldo. (rag)

Komentar