IBL

Tim nasional (timnas) Indonesia akan menghadapi dua gelaran internasional dalam waktu dekat. Pertama, ada dua gim lanjutan FIBA World Cup 2023 Asian Qualifier Window 3 dan lalu akan diikuti FIBA Asia Cup 2021. 

Di gelaran pertama, Indonesia sudah tak memiliki peluang lolos ke babak selanjutnya. Tergabung satu grup dengan Lebanon, Yordania, dan Arab Saudi, Indonesia sudah kalah empat kali, dari Yordania dan Arab Saudi masing-masing satu kali, serta disapu bersih oleh Lebanon dalam dua gim.

Di Window 3 ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah menjamu Arab Saudi pada 1 Juli 2022 dan Yordania tiga hari berselang. Semuanya akan digelar di Istora Senayan, Jakarta. 

Menuju ke dua gim ini, FIBA melalui akun resminya (@fibawc) mengumumkan pemain-pemain yang didaftarkan oleh Indonesia. Untuk Window kali ini, Indonesia mendaftarkan penuh 24 nama dalam pool pemain. 

Nama-nama ini akan disaring menjadi 12 nama saja sebelum pertandingan digelar. Mereka yang akan bertanding di gim nanti. Daftar 12 pemain ini boleh berubah lagi untuk gim lawan Yordania. Namun, perubahan hanya boleh melibatkan 24 nama yabg didaftarkan ini saja.

Untuk pemain naturalisasi, aturan FIBA masih tetap. Seluruh tim hanya boleh membawa satu pemain di daftar 12 pemain mereka. Indonesia sendiri mendaftarkan dua pemain naturalisasi, Lester Prosper dan Marques Bolden. Namun, dalam komentarnya di unggahan yang sama, Lester memastikan diri ia tidak akan bergabung dengan timnas di dua gim ini.

Seluruh pemain yang turut serta dalam uji coba Tur Australia ada di daftar. Nama-nama lain yang menyusul pun setidaknya sudah pernah dipanggil dalam seleksi atau pemusatan latihan timnas di bawah asuhan Rajko Toroman. (DRMK)

Berikut nama 24 pemain yang didaftarkan timnas Indonesia. 

Yessaya Alesandro Michael 

Ali Bagir Alhadar

Muhammad Arighi Hadran Noor

Marques Bolden

Abraham Damar Grahita

Arki Dikania Wisnu

Aldi Izzatur Rahman

Brandon Jawato

Juant Laurent Kokodiputra

Derrick Michael Xzavierro

Indra Muhamad

Sulthan Muhammad Fauzan

Andakara Prastawa Dhyaksa

Lester Prosper

Widyanta Putra Teja

M. Reza F. Guntara

Vincent Rivaldi Kosasih

Kelvin Sanjaya

Yudha Saputera

Pandu Wiguna

Hendrick Xavi Yonga

Agassi Yeshe Goantara

Kevin Yonas Argadiba Sitorus

Foto: Ariya Kurniawan 

Komentar