IBL

NBA Draft 2022 baru saja digelar. Bertempat di Barclays Center, Brooklyn, New York, Amerika Serikat, ratusan talenta turut serta dalam gelaran tahunan NBA ini. Meski digelar setiap tahun, NBA Draft kali ini memiliki perbedaan. 

Jika di tahun-tahun sebelumnya ada total 60 hak pilih di NBA Draft, tahun ini jumlah tersebut menjadi 58 saja. Hal ini terjadi karena Milwaukee Bucks dan Miami Heat dinyatakan bersalah atas upaya ilegal dalam merekrut pemain di pasar pemain bebas (free agency). 

Bucks melakukan hal ilegal ini pada 2020 dalam upaya merekrut Bogdan Bogdanovic yang akhirnya merapat ke Atlanta Hawks. Heat melakukan hal serupa pada Kyle Lowry tahun ini. Masalah keduanya adalah memulai negosiasi sebelum waktu resmi yang ditentukan NBA. 

Ini jadi kali pertama NBA Draft tak memiliki 60 hak pilih sejak 2004. Pada kala itu, masalah serupa terjadi pada Minnesota Timberwolves. Mereka juga melakukan negosiasi ilegal dalam upaya merekrut Joe Smith. 

Kejutan di NBA Draft 2022 langsung terjadi pada hak pilih pertama. Orlando Magic yang sebelumnya diyakini akan memilih antara Chet Holmgren (Gonzaga) atau Jabari Smith (Auburn), justru mengalihkan hak pilih mereka untuk Paolo Banchero (Duke). 

Detroit Pistons yang mendapatkan hak pilih urutan kelima memilih Jaden Ivey (Purdue) usai Kings tak mengambilnya di urutan keempat. Kings lebih memilih Keegan Murray (Iowa) yang memutus rangkaian pilihan garda pada beberapa edisi NBA Draft ke belakang. 

Pistons tak berhenti di situ. Mereka melakukan kesepakatan dengan New York Knicks untuk bertukar pemain dan hak pilih. Knicks yang sebelumnya melakukan kesepakatan dengan Oklahoma City Thunder dan Charlotte Hornets akhirnya mengirimkan Jalen Duren (Duke), pilihan ke-13 dan Kemba Walker ke Pistons. 

Knicks juga melepas hak pilih urutan ke-11 yang berujung pada Ousmane Dieng (Prancis) untuk Thunder. Knicks pada akhirnya hanya mendapatkan satu pemain di NBA Draft 2022 yakni pada urutan ke-42, Trevor Keels (Duke). Hal ini diyakini adalah upaya Knicks untuk membuka ruang gaji sebesar-besarnya guna merekrut Jalen Brunson. 

Dari talenta berdarah Asia yang ikut serta di kelas ini, hanya Jaylin Williams (Arkansas/Half Vietnam) yang akhirnya terpilih di urutan ke-34. Johnny Juzang (UCLA/Half Vietnam) dikabarkan merapat ke Jazz melalui two-way contract. Berikut hasil lengkao NBA Draft 2022. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar