IBL

Vietnam semakin dekat dengan kemungkinan memiliki pemain di NBA. Hal ini terjadi usai garda University of California Los Angeles (UCLA), Johnny Juzang, mengumumkan keikutsertaannya pada NBA Draft 2022. Kepastian ini ia umumkan melalui akun media sosial pribadinya.

"Sebuah perjalanan yang luar biasa dalam dua tahun ini," buka Johnny. "Perjalanan musim lalu kita ke Final Four, dan perjalanan musim ini yang juga penuh dengan semangat tak akan pernah saya lupakan. Saya akan selamanya menjadi Bruin (julukan UCLA) dan akan terus mewakili UCLA sebagai seorang profesional di NBA dengan mengikuti NBA Draft 2022."

Musim ini, langkah Johnny dan UCLA terhenti di babak Sweet 16 atau 16 besar. Mereka kalah atas North Carolina yang berakhir sebagai finalis National Tournament. Berposisi sebagai garda, Johnny menorehkan rataan 15,6 poin dan 4,7 rebound per gim.

Di musim sebelumnya, musim 2021, Johnny dan UCLA menarik perhatian publik dengan melaju ke Final Four. Mereka bukan unggulan kala itu dan Johnny tampil luar biasa melalui 22,8 poin per gim dalam 6 laga National Tournament. Itu adalah penampilan Final Four pertama UCLA sejak 2008.

Ini sebenarnya bukan kali pertama Johnny mengumumkan ia akan ikut NBA Draft. Musim lalu, ia juga sudah melakukan hal serupa. Namun, karena penasaran ingin membawa UCLA juara, ia kembali ke kampus yang identik dengan warna biru dan kuning tersebut.

"Johnny adalah pemain yang luar biasa dan telah memberikan banyak hal untuk tim kami dalam dua musim terakhir," ujar Kepala Pelatih UCLA, Mick Cronin. "Tentu saja kami akan merindukannya di sini, tapi ini adalah perjalanan yang harus ia tempuh."

Lahir dan tumbuh di Los Angeles, Johnny datang dari ayah warga Amerika Serikat dan ibu asal Vietnam. Sebelum ke UCLA dalam dua musim terakhir, ia mengawali perjalanan NCAA bersama University of Kentucky. Ia total tampil 85 kali di musim reguler NCAA dengan 57 diantaranya sebagai starter (55 UCLA). 

Beberapa media meyakini Juzang akan terpilih di pertengahan ronde kedua NBA Draft 2022. Performanya di musim reguler ini dan musim lalu memang kurang lebih serupa. Namun, ia tak berhasil mengulang performanya di National Tournament yang mungkin akan membuatnya kesulitan terpilih di ronde pertama. 

Jika terpilih, ia akan jadi pemain berdarah Vietnam pertama yang melakukannya. Johnny memiliki kakak bernama Christian yang juga menghabiskan empat musim di NCAA Divisi 1 bersama Harvard University. 

Christian tak terpilih di NBA Draft 2020 dan memutuskan pergi ke Vietnam untuk mengantarkan Saigon Heat juara Vietnam Basketball Association. Kini Christian sedang ada di Bali bersama tim nasional (timnas) Vietnam berlaga di ABL Pre-SEA Games Challenge 2022. Ia akan dipersiapkan untuk membela Vietnam di SEA Games. (DRMK)

Foto: NCAA

Komentar