IBL

Satu tahun sudah cukup untuk Paolo Banchero mempersiapkan diri menuju NBA. Melalui video di akun media sosialnya, pemain Duke University ini mengumumkan ia akan masuk ke NBA Draft 2022.

Keputusan ini jelas bukan sebuah keputusan yang mengejutkan. Jauh sebelum Paolo merapat ke Duke, semua pihak yakin ia hanya akan memenuhi syarat minimum NBA untuk menghabiskan satu musim saja berlaga di NCAA.

"Sudah sejak lama saya bermimpi untuk bermain di Duke. Sudah sejak lama pula saya bermimpi bermain di NBA," buka Paolo. "Bermain di Duke membuat saya semakin siap menghadapi NBA baik di lapangan ataupun kehidupannya di luar lapangan. Saya bangga bisa membela Duke dan menjadi bagian dari keluarga ini selamanya."

Satu musimnya berama Duke pun berjalan cukup baik. Ia berhasil mengantarkan Duke juara regional ACC untuk kali pertama sejak 2006. Ia juga membantu Duke melaju sampai babak final four di National Tournament sebelum kalah atas North Carolina. 

Total bermain 39 kali, Paolo menorehkan rataan 17,2 poin dan 7,8 rebound per gim. Ia berhasil mencetak 20+ poin dalam 15 gim yang berbeda dan hanya sempat dua kali gagal menyentuh angka digit ganda. 

"Ia adalah pemain yang dinamis, eksplosif, dan serba bisa. Ia adalah tipikal pemain NBA modern era sekarang," tutur mantan kepala pelatih Duke yang baru pensiun, Mike Krzyzewski. "Ia melakukan segala yang kami minta selama satu musim ini. Saya senang sekali bisa bersama Paolo dan keluarganya dalam proses ini. Semoga ia menjalani karier yang baik di masa mendatang," tutupnya.

Paolo adalah pemain kedua Duke musim ini yang sudah mengumumkan kesiapannya ikut NBA Draft 2022. Sebelumnya ada nama senter Mark Williams yang juga sudah memasukkan namanya ke dalam daftar. Paolo sendiri diyakini akan menjadi lima besar pilihan NBA Draft 2022 oleh beberapa media pengamat. (DRMK)

Foto: NCAA

Komentar