IBL

Timnas Indonesia menutup rangkaian uji coba tur Australia dengan kemenangan, Kamis 23 Juni 2022. Di gim terakhir melawan Brisbane Capitals, Indonesia menang dengan skor akhir 101-94. 

Sempat kesulitan di awal gim, Indonesia konsisten unggul di paruh kedua. Keunggulan Indonesia dibuka oleh four point play dari Brandon Jawato. Meski Capitals sempat beberapa kali mengambil keunggulan, mereka tak pernah unggul lebih dari tiga poin. 

Jawato jadi top skor Indonesia hari ini dengan 23 poin dan 9 rebound. Jawato memasukkan 8/14 tembakan (57 persen), termasuk 3/6 tripoin (50 persen). 

Marques Bolden tampil solid dengan dobel-dobel 20 poin, 10 rebound, 3 steal, dan 5 blok. Bolden tampil selama 29 menit. Andakara Prastawa menyusul dengan 16 poin, 7 rebound, dan 3 steal. Prastawa melanjutkan performa tajamnya dengan 4/8 tripoin (50 persen). 

Juan Laurent Kokodiputra efisien melalui 13 poin plus 5 asis tanpa satupun turnover. Juan jadi pemain terlama di lapangan dengan 31 menit dan memasukkan 3/5 tripoin (60 persen) yang seluruhnya terjadi di paruh kedua.

Indonesia total bermain 10 kali di tur Australia ini dan mengantongi tujuh kemenangan. Agenda Indonesia selanjutnya adalah melakoni FIBA World Cup 2023 Qualifier Windows 3 menghadapi Arab Saudi (1 Juli) dan Yordania (4 Juli). 

Indonesia sendiri sudah kalah empat kali dari empat gim Qualifier sebelumnya dan sudah dipastikan tak bisa lolos ke babak selanjutnya. Fokus utama Indonesia adalah persiapan untuk FIBA Asia Cup. (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan 

Komentar