IBL

Setelah istirahat tiga hari, timnas Indonesia melanjutkan uji coba tur Australia dengan menghadapi Southern District Spartans, Minggu 19 Juni 2022. Spartans sebenarnya unggul nyaris sepanjang gim. Namun, laju (23-12) Indonesia di kuarter empat berujung pada kemenangan 72-70. 

Total ada tujuh kali pergantian keunggulan yang mayoritas terjadi di kuarter akhir. Spartans sendiri tercatat unggul selama 37 menit lebih, sedangkan Indonesia hanya unggul dalam kurun 2 menit secara total. 

Indonesia masih tertinggal dua poin saat gim tersisa 29 detik. Arki Dikania Wisnu yang memulai gim dari bangku cadangan lantas membalik keadaan melalui tripoin yang membuat Indonesia unggul satu poin.

Spartans yang mengambil timeout berusaha mencari dua poin. Akan tetapi, upaya layup Ngor Nai berhasil di blok oleh Derrick Michael. Kemenangan Indonesia lantas ditutup melalui 1/2 tembakan gratis dari Marques Bolden. 

Ini jadi gim perdana Marques selama tur Australia. Ia total tampil 25 menit dan mencetak 8 poin, 8 rebound, 2 steal, dan 3 blok. Marques ditepikan karena masih dalam proses penyembuhan cedera. 

Abraham Damar Grahita yang di gim sebelumnya absen kali ini kembali jadi starter. Bermain selama 33 menit (terlama untuk Indonesia), Abraham jadi top skor gim dengan 21 poin dan 6 rebound. 

Arki menambahkan 17 poin, 4 rebound, dan 4 asis. Arki sempurna dari tripoin (3/3) dan tembakan gratis (6/6). Arki hanya meleset satu kali hari ini (4/5). Derrick melengkapi daftar dengan 13 poin plus 6 rebound. 

Indonesia tampil tanpa Brandon Jawato dan turun dengan starter Prastawa, Abraham, Agassi, Derrick, dan Marques. Indonesia akan kembali tampil esok hari melawan Logan Thunder. Rekor Indonesia sejauh ini di tur Australia adalah 4-3. (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan 

Komentar