IBL

Dewa United Surabaya mengumumkan pemain asing baru pada Rabu, 22 Juni. Dia adalah Zoran Talley Jr. yang pernah mengikuti NBA Draft 2019. Zoran menggantikan posisi Emilio Parks. Tidak hanya pemain asing. Dewa United sebelumnya juga mendatangkan pelatih baru, Maximiliano Seigorman.

“Pengalaman dia (Zoran) di level universitas dan kompetisi besar Eropa yang membuat manajemen tertarik mengajaknya bergabung. Semoga Zoran bisa cepat menyatu dengan tim di sisa waktu persiapan menuju playoff,” kata CEO Dewa United Surabaya Michael Oliver Wellerz dalam keterangan resminya.

Pemain berusia 27 tahun itu pernah bermain untuk Old Dominion Monarchs dan Iowa State Cyclones pada 2015-2019. Zoran memiliki catatan 789 poin, 358 rebound, dan 150 assists.

Dalam regulasi IBL menyebutkan bahwa batas pergantian pemain adalah sebelum dua seri berakhir. Saat dihubungi oleh Mainbasket, Dirut IBL Junas Miradiarsyah menjelaskan bahwa ada pasal pergantian khusus untuk pemain asing tersebut. “Pergantian pemain asing Dewa United sudah sesuai regulasi,” kata Junas.

Junas menjelaskan hal itu mengacu pada mundurnya jadwal playoff IBL 2022 menjadi Agustus mendatang atau empat bulan sejak babak reguler berakhir pada Maret lalu. Ada agenda timnas seperti SEA Games 2022 dan FIBA Asia Cup 2022 yang membuat jadwal playoff mundur.

“Dalam hal itu banyak kondisi baru yang muncul. Seperti pemain ada kontrak di tempat lain, pemain cedera, ada yang nggak bisa kembali lagi dan itu divalidasi oleh agennya. Maka waktu sebelum playoff itu kami bertemu dengan klub-klub untuk kondisi yang bisa dipertimbangkan,” jelasnya.

Pada kasus Emilio Parks sendiri dia sudah tiga kali dipanggil manajemen Dewa United. Tetapi yang bersangkutan tidak mau kembali lagi. Akhirnya Dewa United menggantinya dengan Zoran.

Dalam pasal 10.6 disebutkan tentang pergantian khusus pemain asing hanya dapat dilakukan dalam lima kondisi khusus. Yaitu terlibat tindakan kriminal, terlibat dalam penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang, tinggi badan melebihi batas ketentuan yang sudah ditetapkan oleh PT BBI, kondisi mental dan fisik termasuk cedera yang pembuktiannya melalui diagnosa dokter dan berpotensi merugikan klub IBL dan IBL, mengalami situasi darurat yang dinilai IBL berpotensi merugikan klub IBL dan IBL.

Junas menyebutkan tidak hanya Dewa United yang berganti pemain asing pada playoff mendatang. Ada dua klub lain yang melakukan hal yang sama. “Ada yang sedang dalam proses pergantian. Batas waktu mereka setidaknya sebelum playoff dimulai,” lanjutnya. (rag)  

Foto: Dewa United

Komentar