IBL

Indonesian Basketball League (IBL) 2022 akan kembali berlanjut kurang dari dua pekan lagi. Setelah vakum selama empat bulan, babak playoff akan dimulai pada 13 Agustus mendatang di GOR C-Tra Arena, Bandung. Total delapan tim sudah memastikan tiket babak playoff tersebut.

Mereka memasuki babak terakhir untuk memperebutkan gelar juara. Satria Muda Pertamina Jakarta sebagai juara bertahan tetap ikut dalam perebutan gelar. Selain itu juga ada RANS PIK Basketball sebagai satu-satunya tim debutan yang berhasil melenggang ke playoff.

Dalam playoff nanti juga ada beberapa perubahan peta kekuatan. Hal itu berasal dari pergantian pemain asing mereka. Dari delapan tim yang lolos, ada lima klub yang melakukan pergantian sebelum playoff dimulai.

Sementara tiga lainnya tetap mempertahankan komposisi awal. Mereka adalah Satria Muda Pertamina Jakarta, RANS PIK Basketball, dan NSH Mountain Gold Timika. Untuk NSH sendiri menambah Mike Glover yang memang sudah lama ditunggu. Pada musim reguler lalu, Glover memang berhalangan hadir.

Satria Muda tetap mempertahankan duet Elijah Foster dan Brachon Griffin. Keduanya berperan besar mengantar Satria Muda sebagai unggulan kedua babak playoff. Kemudian RANS PIK tetap bersama dua legiun asingnya yaitu Hal Shane Heyward dan Akeem Scott.

Dari lima tim yang melakukan pergantian pemain, hanya Prawira Bandung yang mengganti dua pemain sekaligus. Sisanya hanya mengganti satu dari dua slot yang ada.

Pelita Jaya Bakrie Jakarta masih diperkuat oleh Dior Lowhorn. West Bandits Combiphar Solo mempertahankan Sameen Swint yang tampil bagus di musim reguler. David Seagers masih bisa kembali ke Dewa United Surabaya. Sedangkan Amartha Hangtuah tetap didampingi oleh Anton Waters.

Saat dihubungi pada 22 Juni lalu, Dirut IBL Junas Miradiarsyah menjelaskan bahwa pergantian tersebut sudah sesuai regulasi. Mundurnya jadwal playoff IBL 2022 selama empat bulan memang membawa beberapa penyesuaian.

Baca juga: Aturan Pergantian Pemain Asing Menjelang Playoff IBL 2022

Dalam regulasi IBL disebutkan bahwa batas pergantian pemain adalah sebelum dia seri berakhir. Tetapi selama jeda itu ada berbagai kondisi baru yang muncul seperti pemain cedera, tidak bisa kembali ke Indonesia, dan sebagainya. (rag)

Daftar Tim yang Mengganti Pemain Asing:

1. Pelita Jaya Bakrie Jakarta

Di’Mar Hill > Decardo Day

2. Prawira Bandung

Taj Davis Spencer > Dennis Wayne Miles Jr.

Chris Sterling > Kenneth Jamal Wormley

3. Dewa United Surabaya

Emilio Parks > Zoran Talley Jr.

4. Amartha Hangtuah Jakarta

LaQuavius Cotton > Ronnie Boyce

5. West Bandits Combiphar Solo

D’Monta Harris > Bilal Ricardson

 

Foto: Hariyanto

Komentar