IBL

Dewa United Surabaya menunjuk Maximiliano Enrique Seigorman sebagai pelatih baru untuk mengarungi babak playoff IBL 2022 pada Agustus mendatang. Dia merupakan staf pelatih Timnas Argentina di Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

Maxi, sapaan akrab Maximiliano Seigorman, merupakan asisten pelatih dari Sergio Hernandez, yang menangani Timnas Argentina pada 2005-2010 dan 2015-2021. Maxi menjadi staf kepelatihan bersama Gabriel Picatto, Juan Gatti, dan Silvio Santander.

Mereka mencapai final FIBA World Cup 2019 di Beijing, Tiongkok. Sayangnya saat final, mereka kalah dari Spanyol. Raihan terakhir Maxi bersama Timnas Argentina adalah saat mencapai perempatfinal di Olimpiade Tokyo 2020 lalu. Dia menjadi asisten pelatih Timnas Argentina pada periode 2017-2021.

CEO Dewa United Surabaya, Michael Oliver Wellerz, mengatakan pengalaman dan kemampuan Maxi itu yang menjadi alasan utama untuk memboyongnya ke Indonesia.

“Semoga bekal kualitas dan pengalaman itu bisa membawa dampak positif untuk Dewa United Surabaya di Playoff nanti. Sehingga kami bisa merealisasikan target musim ini yakni juara IBL 2022,” kata Owe, sapaan akrab Michael Oliver Wellerz, dalam keterangan resminya pada Selasa (10/5).

Maxi merupakan lulusan dari Adventist University of the Plata, Argentina. Dia merupakan pelatih dengan lisensi FIBA.

Selain menjadi asisten pelatih, Maxi pernah menjabat sebagai pelatih kepala Timnas Argentina U-19 di FIBA World Cup 2017 di Mesir dan FIBA World Cup 2019 di Yunani.

Setelah menyelesaikan tugasnya di Olimpiade Tokyo 2020 pada Agustus 2021 itu, Maxi bergabung dengan Club Regatas Corrientes. Klub tersebut berlaga di Liga Nacional de Básquet (LNB) atau Liga Basket Nasional Argentina.

Maxi juga antusias menjalani karir pertamanya di Indonesia. Pelatih berusia 45 tahun itu mengatakan sudah mempelajari basket Indonesia melalui rekaman pertandingan. Dia juga bertekad menciptakan sejarah bersama Dewa United.

“Saya pikir ini momen yang baik bagi saya dan tim, karena tim ini menginginkan filosofi permainan yang berbeda. Sangat penting bagi saya untuk cepat mempelajari permainan dan situasi agar bisa merealisasikan target juara musim ini,” kata Maxi. (rag)

Foto: Dewa United Surabaya

Komentar