IBL

Louvre Surabaya bergabung dengan IBL pada musim 2020. Kemudian, pada musim 2021, Louvre bekerja sama dengan Dewa United. Ternyata setelah liga berakhir, Dewa United mengakuisisi Louvre sehingga kini mereka berdiri sendiri sebagai klub IBL dengan nama resmi Dewa United Surabaya.

Kabar tersebut disampaikan lewat akun resmi IBL. Dalam pernyataannya, Rufiana selaku ketua tim penilai yang berkaitan dengan penetapan klub baru menyatakan bahwa IBL sudah mengesahkan akuisisi tersebut. Sehingga, Dewa United resmi menjadi kontestan liga di musim 2022 nanti. 

"Setelah melakukan assesment, IBL mengesahkan akuisisi ini. Klub Dewa United juga sudah menjalani verifikasi, ketika mereka menyatakana minat untuk tampil di IBL 2022. Mereka sebelumnya menjadi sponsor untuk klub Louvre," jelas Rufiana.

IBL melakukan verifikasi juga terhadap semua dokumen dan persyaratan milik Dewa United. Seperti akta perusahaan, keuangan, visi dan misi mereka hingga komitmen untuk memajukan bola basket Indonesia bersama IBL. Sebelum dilakukan akuisisi, liga juga memastikan bahwa Louvre sudah menyelesaikan semua kewajiban kepada pemain, ofisial, dan pihak ketiga lainnya. Agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. 

"Setelah semua persyaratan dinyatakan lulus, akuisisi pun bisa dilakukan," jelas Rufiana.

Dewa United sebelumnya bergerak dalam dua cabang olahraga, yaitu sepakbola dan E-Sport. Mereka tertarik berkiprah di IBL, lalu mereka bergabung dengan Louvre Surabaya, membentuk Louvre Dewa United Surabaya. Dewa United akhirnya mengambil alih kepemilikan Louvre, namun tidak memindahkan tim tersebut dari Kota Pahlawan. Dewa United Surabaya dipimpin oleh Michael Oliver Wellerz sebagai CEO.

"Basket adalah cinta pertama saya, ketika harapan putus tidak bisa menjadi pemain profesional namun harapan yang lebih indah menjadikan saya sebagai CEO basket dengan tim yang profesional. Keyakinan selalu memberikan harapan yang baik, tentunya kita akan selalu berusaha keras mewujudkan sebuah harapan, sebuah impian, sebuah keyakinan menjadi nyata," ungkap Michael, dikutip dari situs resmi liga.

Musim lalu, Louvre Dewa United Surabaya melaju ke babak playoff untuk pertama kalinya. Mereka juga sampai ke fase empat besar sebelum digulingkan oleh Pelita Jaya Bakrie Jakarta. (tor)

Foto: Hariyanto - IBL Indonesia

 

Komentar