IBL

Golden State Warriors menunjukkan performa luar biasa dalam kemenangan 104-94 di Gim 5, Senin, 13 Juni 2022, waktu setempat. Andrew Wiggins memang mencuri perhatian, namun sorotan juga mengarah kepada bintang utama mereka, Stephen Curry. 

Curry memang masih menjadi pusat perhatian pertahanan Boston Celtics, Curry juga masih membukukan 16 poin dan 8 asis. Namun, lebih dari semua itu, hari ini ia bisa dibilang mengalami hari yang buruk. Curry hanya memasukkan 7/22 tembakan (32 persen) dan tak sekalipun memasukkan tripoinnya (0/9). 

Catatan kurang impresif ini ternyata juga memutus rekor apik Curry. Menurut catatan NBA, ini jadi kali pertama dalam 234 gim terakhir di mana Curry gagal memasukkan satupun tripoin. Sebelumnya, di 233 gim beruntun (musim reguler dan playoff), Curry selalu setidaknya memasukkan satu tripoin. 

Rekor ini adalah rekor terbaik dan terpanjang sepanjang masa NBA. Selain total 233 gim, Curry juga selalu memasukkan setidaknya satu tripoin dalam 133 gim playoff beruntun. Di 38 gim playoff terakhir bahkan ia selalu memasukkan lebih dari satu tripoin. 

"Sejujurnya, saya mengingat performa saya hari ini seperti gim pertama musim ini melawan Los Angeles Lakers," terang Curry usai gim kepada awak media. "Saya juga mengalami malam yang sulit, namun saya mampu memberikan kontribusi lain dan berupaya menyederhanakan semuanya."

Terakhir kali Curry gagal memasukkan satupun tripoin terjadi pada 2018, dalam gim melawan Milwaukee Bucks. Kala itu, ia hanya tampil sampai pertengahan kuarter tiga karena cedera. 

Sebelum itu, Curry pernah tak memasukkan satupun tripoin pada 2016. Dalam gim setelahnya, melawan New Orleans Pelicans, ia mengamuk dan memasukkan 13 tripoin yang jadi rekor terbaik NBA.  

Dilansir ESPN, ada sembilan gim sepanjang karier Curry di mana ia tidak mencetak satupun tripoin. Setelah di rata-rata, setelah gagal memasukkan tripoin di sebuah gim, Curry berhasil memasukkan 4,4 tripoin per gim di laga selanjutnya.

"Saya tahu dia akan merespon kejadian hari ini di gim selanjutnya," tutur Klay Thompson yang bermain bersama Curry sejak 2011. "Dia adalah salah satu kompetitor terbaik yang saya tahu dan ia juga perfeksionis seperti saya."

"Saya yakin ia akan memikirkan tembakan-tembakannya yang meleset hari ini. Itu adalah hal baik untuk kami karena di hari Kamis nanti, di Gim 6, ia akan tampil menggila. Ia akan menjadi sangat menakutkan!," pungkasnya. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar