IBL

Boston Celtics curi kemenangan di Gim 1 final NBA 2022 melawan Golden State Warriors dengan skor 120-108, Kamis 2 Juni, waktu setempat. Performa luar biasa Celtics di kuarter akhir membuat Warriors tak berdaya.

Celtics sempat melaju (17-0) setelah skor sama kuat di angka 103. Menariknya, di tiga kuarter awal, Celtics tak pernah unggul lebih dari dua poin. Di kuarter tiga bahkan Celtics kecolongan 36 poin dari Warriors. 

Celtics juga sempat tertinggal 15 poin di kuarter tiga sebelum memangkasnya menjadi selisih 12 poin memasuki kuarter empat. Keberhasilan Celtics mengubah ketinggalan 12 poin menjadi kemenangan 12 poin adalah selisih 24 poin terbesar dalam sejarah final NBA. 

Hal yang menari pula dari laju (17-0) Celtics di kuarter empat adalah fakta bahwa dua bintang utama mereka, Jayson Tatum dan Jaylen Brown tak turut menyumbangkan poin. Catatan 17 poin itu dibagi kepada tiga nama saja, Al Horford, Derrick White, dan Marcus Smart. 

Al Horford pun jadi bintang kemenangan Celtics. Melakoni partai final perdana sepanjang kariernya, Horford mencetak 26 poin, 6 rebound, dan 3 asis dengan sangat efisien. 

Horford hanya melepaskan 12 tembakan dan meleset 3 kali. Ia juga memecahkan rekor tripoin masuk terbanyak untuk debutan di final dengan 6/8 tripoin (75 persen). Horford juga jadi satu-satunya pemain yang memiliki akurasi 50 persen secara keseluruhan dan 45 persen tripoin di playoff musim ini.

Derrick White memberikan bantuan besar. Memulai gim dari bangku cadangan, pemain yang datang di tengah musim ini mencetak 21 poin. Ia memasukkan 5/8 tripoin (62 persen). Jaylen Brown menambahkan 24 poin, 7 rebound, dan 5 asis. 

Marcus Smart 18 poin, 5 rebound, dan 4 asis, sedangkan Jayson Tatum dobel-dobel 12 poin, 5 rebound, plus 13 asis. Tatum hanya memasukkan 3/17 tembakan (18 persen), namun 13 asis adalah rekor asis tertinggi sepanjang kariernya. 

Warriors sebenarnya tampak akan menguasai pertandingan. Apalagi, di kuarter pembuka, Stephen Curry langsung panas dengan 21 poin. Sayangnya, di sisa gim, Curry hanya menambahkan 13 poin dan melengkapi statistiknya hari ini dengan 34 poin, 5 rebound, 5 asis, dan 3 steal.

Andrew Wiggins menambahkan 20 poin dan 5 rebound. Klay Thompson mencetak 15 poin hasil dari 6/14 tembakan (43 persen). Otto Porter Jr. berkontribusi besar melalui 12 poin dari 4/5 tembakan yang seluruhnya adalah tripoin (80 persen). 

Di lain sisi, ini adalah kekalahan perdana Warriors di Chase Center sepanjang Playoff ini sekaligus kekalahan kedua Warriors di Gim 1 final di bawah Steve Kerr. Sebelumnya, mereka juga kalah di Gim 1 Final NBA 2019 melawan Toronto Raptors. 

Gim 2 masih akan digelar di tempat yang sama, tulat. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar