IBL

Jayson Tatum menyusul Stephen Curry sebagai dua pemain NBA pertama yang mendapatkan gelar MVP Final Wilayah. Di Wilayah Timur, gelar ini diberikan dalam tajuk Larry Bird Eastern Conference Finals MVP Trophy. 

Dalam tujuh gim melawan Heat, Tatum mengoleksi rataan 25,0 poin, 8,3 rebound, 5,6 asis, 1,1 steal, dan 0,9 blok per gim. Tatum juga memiliki akurasi tripoin masih terjaga di angka 35 persen. 

Catatan ini melengkapi prestasi individu Tatum musim ini yang juga masuk ke dalam All-NBA First Team. Pemain berusia 24 tahun ini juga semakin memperbaiki rekornya kala bertanding di Gim 7 playoff. Total bermain lima kali, Tatum memiliki rekor (4-1). 

Tak hanya Tatum, kemenangan dan keberhasilan hari ini juga menjadi sejarah tersendiri bagi Celtics. Celtics adalah tim pertama sejak Houston Rockets 1981 yang berhasil mengubah peruntungan mereka di tengah musim dan lolos ke final.

Pada Januari lalu, kurang lebih setengah laga musim reguler berjalan, Celtics masih ada di peringkat 11 klasemen sementara Wilayah Timur. Mereka bahkan tidan sampai memenangi 50 persen gim mereka. Celtics lantas tancap gas di paruh kedua musim dan finis di peringkat dua, hanya kalah dari Heat.

Di lain sisi, ini akan jadi final ke-22 Celtics. Di 21 perjalanan sebelumnya, 17 kali Celtics keluar sebagai juara. Jika kali ini berhasil jadi juara, maka Celtics akan jadi tim NBA dengan gelar juara terbanyak sepanjang masa. Untuk sekarang, rekor ini dimiliki oleh Celtics dan Los Angeles Lakers secara bersamaan.

Terakhir, kemenangan hari ini juga jadi pencapaian tersendiri untuk kepala pelatih Celtics, Ime Udoka. Ia jadi pelatih ruki pertama yang mampu memenangkan Gim 7 lebih dari satu kali di playoff pertamanya. Sebelumnya, melawan Milwaukee Bucks di semifinal Wilayah Timur, Celtics juga harus melalui Gim 7. 

Kini Tatum, Udoka, dan Celtics hanya berjarak empat kemenangan dengan sejarah. Gim pertama Final NBA 2022 akan dimulai pada Kamis, 2 Juni 2022, waktu setempat. Keuntungan laga kandang akan didapatkan oleh Golden State Warriors. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar