IBL

Boston Celtics tampil solid di Gim 7 dan menutup Final Wilayah Timur dengan kemenangan 100-96 atas Miami Heat, Minggu 29 Mei 2022, waktu setempat,. Celtics pun memenangi seri ini dengan skor akhir 4-3 dan berhak melaju ke final NBA 2022. 

Ini akan jadi final NBA pertama Celtics sejak 2010 dan menjadi yang ke-22 dalam sejarah organisasi. Di gim hari ini, Celtics tak sekalipun tertinggal sejak tepis mula. 

Pun demikian, Heat sempat nyaris membalik keadaan di sisa 15 detik gim. Tripoin Max Strus membuat jarak hanya dua poin dan serangan Celtics melalui Marcus Smart meleset. Rebound didapatkan oleh Jimmy Butler yang langsung melakukan fastbreak. 

Memiliki potensi menyamakan kedudukan, Jimmy memilih tripoin dan sayangnya meleset. Melesetnya tembakan ini langsung menutup peluang Heat mengejar. Heat hanya punya sisa satu timeout dan Celtics masih punya jatah melakukan foul (belum team foul). 

Jayson Tatum memimpin Celtics dengan dobel-dobel 26 poin, 10 rebound, dan 6 asis. Jaylen Brown menyusul dengan 24 poin, 6 rebound, dan 6 asis, sedangkan Smart menambahkan 24 poin, 9 rebound, plus 5 asis. Grant Williams melengkapi daftar dengan 11 poin dan 6 asis. 

Tatum, Brown, dan Smart jadi trio pertama sejak 1988 yang mampu membukukan masing-masing 20+ poin di Gim 7. Trio terakhir yang mampu melakukan hal itu adalah trio Lakers, Magic Johnson, James Worthy, dan Byron Scott. 

Terlepas dari gagal memasukkan tripoin krusial, Jimmy memberikan segalanya untuk Heat hari ini. Jimmy bermain penuh 48 menit dan mencetak 35 poin dan 9 rebound. Jimmy juga hanya membuat satu turnover sepanjang gim. 

Bantuan untuk Jimmy datang dari Bam Adebayo dengan dobel-dobel 25 poin, 11 rebound, dan 4 asis. Kyle Lowry menutup daftar melalui 15 poin plus 7 rebound. Jika dijumlah, maka hanya ada sisa 21 poin yang dicetak oleh lima pemain Heat lain yang tampil hari ini. 

Celtics akan melawan Warriors di final yang akan dimulai pada 2 Juni 2022, waktu setempat. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar