IBL

Sedikit kabar buruk harus diterima oleh Golden State Warriors. Di tengah perjuangan untuk mengalahkan Memphis Grizzlies dan lolos ke Final Wilayah Barat, Warriors akan kehilangan Gary Payton II. Kabar ini disampaikan langsung oleh Warriors melalui rilis resmi, Kamis 5 Mei 2022, waktu setempat.

Gary mengalami cedera saat Gim 2 belum sampai berjalan tiga menit. Dalam upaya melakukan layup, Gary dikejar oleh Dillon Brooks yang lantas berupaya melakukan blok. Sayangnya, blok itu sangat terlambat.

Alih-alih mengenai bola, Dillon justru mengenai kepala Gary yang sekaligus membuat keseimbangan Gary hilang. Dalam posisi jatuh yang tak tepat, Gary mendarat dengan sikunya lebih dulu. 

Gary langsung ditarik keluar usai kejadian tersebut dan Warriors mengumumkan bahwa ia mengalami patah tulang. Hasil Magnetic Resonance Imaging (MRI) pada Rabu, 4 Mei 2022, waktu setempat, memastikan hal tersebut. Sekaligus mendeteksi bahwa Gary mengalami masalah di ligamen dan otot sikunya juga.

Beberapa media melaporkan bahwa Gary akan butuh waktu 3—5 pekan. Namun, Warriors memastikan bahwa evaluasi atas kondisi pemain 29 tahun ini akan memakan waktu dua pekan saja. Artinya, Gary masih berpeluang tampil di babak Final Wilayah Barat jika Warriors berhasil lolos. 

Gary memiliki peran besar di musim keduanya bersama Warriors. Meski tak melulu jadi starter dan dapat menit bermain berlimpah, Gary kerap dipercaya sebagai penjaga utama garda atau pemain sayap terbaik lawan. 

Pun seperti di semifinal Wilayah Barat ini, ia dipilih sebagai starter oleh Steve Kerr. Alasannya mudah, ia diharapkan mampu menyulitkan Ja Morant sejak awal laga. Meski akhirnya Ja selalu berhasil mencetak lebih dari 30 poin, keberadaan Gary tetap cukup menyulitkan Ja dalam menyerang.

Tanpa Gary, kemungkinan besar Warriors akan kembali memasang Jordan Poole sebagai starter. Poole akan berdampingan dengan Stephen Curry, Klay Thompson, Andrew Wiggins, dan Draymond Green. 

Melihat komposisi ini, maka kemungkinan besar yang menggantikan peran Gary adalah Andrew atau Klay, dua pemain yang memang cukup solid dalam bertahan. Namun, ini akan jadi pekerjaan yang cukup berat karena keduanya dikenal tidak secepat Ja. 

Menarik melihat bagaimana Warriors akan mengatasi absennya Gary di seri ini. Warriors juga tak bisa fokus sepenuhnya pada Ja karena Grizzlies punya pemain-pemain pendukung yang luar biasa. Ini akan menjadi seri yang menyenangkan, seperti kata Ja Morant. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar