IBL

Dallas Mavericks mengakhiri musim 2021-2022 di peringkat empat Wilayah Barat. Catatan yang membuat mereka otomatis lolos ke playoff, bahkan mendapatkan keuntungan laga kandang. Tim asuhan Jason Kidd ini akan menghadapi Utah Jazz. Ini adalah kali pertama Mavericks finis di empat besar sejak 2011.

Sayangnya, perjalanan Mavericks di ronde pertama playoff tampaknya akan berat. Gim pertama yang akan digelar Minggu, 17 April 2022, waktu Indonesia ini akan mereka mainkan tanpa bintang utama mereka, Luka Doncic. 

Luka mengalami cedera di kuarter tiga, gim musim reguler terakhir Mavericks menghadapi San Antonio Spurs. Tanpa ada kontak, Luka langsung terpincang-pincang dan memegang area betisnya. Ia tak lagi bermain di sisa gim dan Mavericks menyebut situasi ini sebagai "calf strain" atau bisa disebut otot yang tertarik di area betis. 

Hasil MRI yang dilakukan sehari setelahnya menyatakan situasi tersebut positif. Meski tidak harus naik meja operasi, rilis resmi Mavericks menjelaskan bahwa Luka akan memulai proses perawatan serta penyembuhan tanpa waktu kembali yang bisa ditentukan sejauh ini.

Ini tentunya pukulan telak untuk Mavericks yang sangat Luka-sentris. Bahkan, menukar Kristaps Porzingis di tengah musim juga untuk memfasilitasi Luka sebagai poros utama serangan mereka. Luka pun menjawab kepercayaan ini dengan baik melalui memimpin tim di poin, rebound, dan asis.

Dalam 64 gim yang ia mainkan, Luka menorehkan rataan 28,4 poin, 9,1 rebound, dan 8,7 asis per gim. Ia pun kembali masuk lima besar nominasi pemain terbaik seperti musim lalu. Namanya pun mulai masuk bursa untuk All-NBA First Team.

Tanpa Luka, Mavericks tampaknya akan menggeser Spencer Dinwiddie sebagai starter dan akan berduet dengan Jalen Brunson. Namun, tentunya berat sekali untuk mensubtitusi 28 poin yang Luka buat kepada Dinwiddie seorang. Mavericks tentunya akan berharap pada pemain seperti Reggie Bullock dan Dorian Finney-Smith untuk lebih agresif dalam menyerang.

Di lain sisi, selama Luka absen di 17 gim musim ini, Mavericks pun tampak kesulitan. Mereka hanya meraih rekor (8-9) yang jelas bukan pertanda apik untuk menghadapi Jazz yang datang dengan skuat penuh. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar