IBL

Boston Celtics menang besar 139-110 atas Memphis Grizzlies di gim terakhir musim reguler mereka, Minggu 10 April 2022, waktu setempat. Masih turun dengan skuat utama, kemenangan Celtics mengunci peringkat akhir klasemen Wilayah Timur secara keseluruhan.

Celtics dipimpin oleh Jayson Tatum dengan 31 poin dan 9 rebound. Tatum hanya meleset tiga kali sepanjang gim (11/14). Jaylen Brown menyusul dengsn 18 poin. Daniel Theis dobel-dobel 11 poin plus 10 rebound, sedangkan Al Horford menambahkan 13 poin dan 6 rebound. Dua nama lain yang mencetak dua digit angka adalah Payton Pritchard dengan 12 poin dan Luke Kornet 10 poin.

Grizzlies memutuskan untuk tampil dengan skuat lapis kedua mereka. John Konchar memimpin tim dengan tripel-dobel 17 poin, 13 rebound, dan 10 asis. Santi Aldama jadi top skor tim dengan dobel-dobel 20 poin, 10 rebound, dan 4 asis. Ada empat pemain Grizzlies lain yang berhasil mencetak setidaknya 14 poin.

Kemenangan ini membawa Celtics finis di peringkat dua, hanya kalah dari Miami Heat. Celtics total mengemas 51 kemenangan dari 82 gim. 

Jumlah yang sama dimiliki oleh Milwaukee Bucks namun Celtics unggul tiebreaker melihat rekor kemenangan mereka yang lebih baik atas sesama tim Wilayah Timur. Celtics memiliki rekor (20-13) sedangkan Bucks hanya (17-16).

Philadelphia 76ers ada tepat di bawah kedua tim ini. Sixers sebenarnya juga menutup musim dengan rekor yang sama (51-31). Namun, mereka berada di bawah dari kedua tim karena hanya ada di peringkat dua Divisi Atlantic. 

Sebelum kemenangan 118-106 atas Detroit Pistons hari ini, peluang Sixers untuk jadi peringkat dua atau tiga juga sangat kecil karena mereka tsk punya keunggulan tiebreaker.

Setelah empat tim teratas, dua tim lain yang langsung lolos ke playoff adalah Toronto Raptors dan Chicago Bulls. Keduanya gagal lolos ke playoff pada musim lalu.

Dengan ini, lengkap sudah bagan playoff Wilayah Timur. Heat dan Celtics akan menanti dua tim pemenang dari Play-in Tournament. Bucks akan menghadapi Bulls dan Sixers melawan Raptors.

Play-in Tournament akan dimulai lusa, waktu setempat. Play-in akan berlangsung total tiga hari. Setelahnya, baru ronde pertama playoff dimulai. Tim empat teratas akan mendapatkan keuntungan laga kandang (home court advantage) dalam sistem tujuh gim. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar