IBL

Tim Putih menjadi pemenang IBL All-Star 2022. Tim yang didampingi oleh David Singleton itu unggul tipis 102-100. Nyaris sepanjang pertandingan, Tim Putih berhasil memimpin.

Tim Merah memiliki kesempatan untuk mengambil momentum di penghujung laga. Lay up Dame Diagne membuat kedudukan 100-100 di sisa 31 detik menuju peluit panjang. Tetapi peluang Tim Merah digagalkan oleh Abraham Damar Grahita setelah membuat jump shot dua poin.

Shavar Newkirk mencetak 26 poin untuk Tim Putih. Pemain NSH Mountain Gold Timika itu juga tepilih sebagai Most Valuable Player (MVP) All-Star 2022. Sedangkan Bram (sapaan Abraham Damar Grahita) terpilih sebagai pemain lokal terbaik. Dalam pertandingan tersebut, Bram mencetak 15 poin, lima rebound, dan empat asis.

“Selalu menyenangkan untuk bisa bermain di All-Star. Nggak ada ekspektasi apapun untuk bisa meraih penghargaan sebagai pemain lokal terbaik ini. Semua ini juga tidak lepas dari Tuhan,” ujar Bram usai pertandingan.

“Saya dari Bangka Belitung yang lumayan daerah. Hingar binger basket nasional belum sampai kesana. Saya punya kesempatan untuk tampil di sini dan bertemu dengan legenda basket Indonesia itu rasanya seperti kehormatan. Saya juga merasa belum ada apa-apanya di dunia ini,” ujarnya.

Dalam rangkaian All-Star Game itu, juga diadakan beragam aksi. Dimulai dari Skill Challenge yang mempertandingkan pemain legendaris dan pemain debutan. Kontes tersebut dimenangkan oleh Tim Ferdian yang diisi oleh Ferdian Dwi Purwoko, Nina Yunita, dan Riko Hantono.

Indra Muhammad menyabet gelar kontes tembakan tiga angka. Pemain DNA Bima Perkasa Jogja itu sukses memutus dominasi Andakara Pratawa Dhyaksa dalam kontes tersebut. Dalam babak final, Indra berhasil memasukkan 15 poin. Hanya selisih satu poin dari Prastawa.

Untuk Slam Dunk Contest, Jarron Crump keluar sebagai pemenang. Aksi-aksi pemain Tangerang Hawks itu sangat menghibur. Pada babak final, Crump mengoleksi nilai 93. Dia mengalahkan Dame Diagne yang mengumpulkan nilai 83. Sebenarnya pemain Pacific Caesar Tyron Criswell juga berhasil masuk final. Tetapi dia mengalami cedera saat babak penyisihan. Posisinya digantikan Diagne.

Dengan begitu selesai sudah seri reguler IBL 2022. Delapan tim yang sudah lolos adalah Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Satria Muda Pertamina Jakarta, Prawira Bandung, NSH Mountain Gold Timika, West Bandits Combiphar Solo, Dewa United Surabaya, Amartha Hangtuah Jakarta, dan RANS PIK Basketball. Seri playoff akan digelar mulai 11 Agustus 2022. (rag)

Foto : IBL, Hariyanto

Komentar