IBL

NSH Mountain Gold Timika membalikkan keadaan (comeback) dan menang 64-61 dari RANS PIK Basketball. Tertinggal sepanjang gim, bahkan sampai 14 poin, NSH mulai membangun momentum di kuarter empat. 

Saat laga tersisa dua menit, NSH untuk kali pertama unggul melalui sebuah layup dan tambahan tembakan gratis Jan Misael Panagan. Setelahnya, tambahan tripoin dari Hengki Infandi juga semakin mengamankan keunggulan NSH. 

RANS PIK sendiri tak memasukkan tembakan sejak NSH unggul. Mereka hanya menambah poin dari tembakan gratis oleh Hal Heyward dan Akeem Scott. NSH tampil tanpa Shavar Newkirk sejak laga tersisa 3,5 menit karena ada cedera di pahanya. 

"Saya tidak punya banyak hal yang saya ingin katakan selain bangga kepada para pemain saya," ujar Anthony Garbelotto, Kepala Pelatih NSH. "Mereka menunjukkan mental yang bagus, menutup gim dengan solid, meski paruh pertama cukup kesulitan."

"Saya suka bagaimana para pemain seperti Jan, Andre, Ruslan, Hengki, menunjukkan kesiapan mereka saat Shavar tak bermain. Saat Shavar ada di lapangan, perlu diakui kami terlalu bergantung kepadanya. Kami seolah mencari jalan termudah, berikan bola kepada Shavar."

"Padahal, para pemain lain sebenarnya pun punya kapasitas yang bagus. Seperti tadi, mereka benar-benar fokus pada gim, umpan-umpan mereka pun jadinya tepat, tidak ada kesalahan," tutupnya.

Tiga pemain NSH mencetak 14 poin. Sebelum menepi, Shavar mencetak 14 poin, 9 rebound, 3 asis, 2 steal, dan 1 blok. Dua pemain lain yang mencetak 14 poin adalah Jan Misael dan Andre Rorimpandey. 

Hengki Infandi menutup gim dengan 8 poin, sementara Ruslan yang tampil paling lama hari ini (36 menit) mencetak 9 poin dan 9 rebound. 

Dari RANS PIK, top skor adalah Akeem Scott dengan 22 poin. Heyward menambahkan 13 poin dan 3 rebound selama 17 menit tampil. 

"Ya ini kemenangan yang layak untuk NSH," buka Christian Gunawan, garda RANS PIK. "Kuarter dua jadi kunci. Kami unggul tapi stagnan, selisih tak bisa kami tambah. Ini membuat mereka masih punya peluang bangkit. Tapi ya akurasi kami tripoin hanya 1/21, ini sangat buruk. Kami akan coba perbaiki lagi selanjutnya."

Hasil ini membuat rekor pertemuan kedua tim sama kuat (1-1). Untuk NSH, ini jadi kemenangan ke-12 mereka dari 15 gim. RANS PIK sendiri memiliki rekor (9-7). (DRMK)

Foto: Hariyanto 

Komentar