IBL

Prawira Bandung tampil digdaya menghadapi NSH Mountain Gold Timika, Selasa, 15 Maret 2022. Mematikan Shavar Newkirk sejak awal, Prawira menang telak 70-36.

NSH tampak tak bisa keluar dari tekanan Prawira. Menariknya, Prawira seolah menantang NSH untuk melepaskan banyak tripoin. NSH total melepaskan 24 tripoin dan hanya masuk dua kali.

NSH secara permainan sebenarnya masih tampak normal. Mereka hanya membuat dua turnover dan hanya kalah dua percobaan tembakan dari Prawira. Namun, sekali lagi, pertahanan Prawira membuat NSH seolah menemui tembok besar yang tak bisa ditembus.

NSH hanya memasukkan 20 persen tembakan mereka. Catatan ini jadi yang terendah sepanjang musim ini. Ini juga jadu poin terendah yang dibuat oleh NSH di musim ini pula. 

"Pertama, saya ingin bilang bahwa NSH adalah salah satu tim terbaik musim ini. Mereka tangguh, mereka cukup bagus," buka David Singleton, Kepala Pelatih Prawira. "Namun, hari ini kami sudah menyiapkan segalanya. Fokus kami adalah bertahan serapat mungkin. Para pemain menjalankan strategi itu dengan baik sepanjang gim."

"Shavar Newkirk jelas adalah pusat permainan NSH. Bahkan mungkin ia adalah pemain terbaik di liga, kami cukup mengakui itu. Hari ini, kami tak ingin ia merasakan kemudahan. Kredit untuk Abraham Grahita yang menjaganya sepanjang gim. Yudha Saputera, Reza Guntara, dan semua pemain yang juga memberikan bantuan untuk menjaga Newkirk. Ini kemenangan tim yang baik," tutupnya.

Nyaris tidak ada pencetak angka yang mencolok pada kedua tim. Hanya garda Prawira Yudha Saputera satu-satunya pemain yang mencetak poin dengan digit ganda. Itupun hanya 10 poin ditambah 5 asis. Christthoper Sterling menyusul dengan 9 poin, 12 rebound, dan 2 asis. Reza Guntara 8 poin dan 2 rebound, dan pemain asing Taj Spencer hanya 7 poin, 5 rebound, dan 5 asis.

Newkirk sendiri hanya mencetak 6 poin, 5 rebound, dan 1 asis. Ia pun tak lagi bermain di kuarter empat. Top skor NSH hari ini adalah Andre Rorimpandey dengan 7 poin. NSH hanya mencetak dua digit angka di kuarter terakhir.

"Situasi memang sulit untuk kami hari ini. Para pemain tampil tanpa energi," buka Anthony Garbelotto, Kepala Pelatih NSH. "Semalam kami baru keluar dari stadion pukul 22.30, ini waktu yang tidak cukup untuk bersiap melawan Prawira."

"Saya tidak akan menyalahkan keadaan, karena semuanya juga mengalami ini. Namun, Prawira adalah salah satu tim terbaik musim ini, juga dilatih salah satu pelatih terbaik. Kami tentu tak bisa menghadapi mereka dengan tidak prima."

"Fokus kami kini adalah membuat rotasi pemain sebaik mungkin. Begitu melihat skor menjauh hari ini, saya putuskan untuk melepasnya. Saya ingin para pemain utama saya mendapatkan tambahan istirahat. Kami akan fokus ke gim selanjutnya," tutupnya.

Ini jadi kekalahan ketiga NSH dari 14 laga yang sudah dilalui dan jadi kemenangan ke-10 Prawira dalam 13 gim mereka. (DRMK)

Foto: Hariyanto

 

Komentar