IBL

Pacific Caesar Surabaya menang telak atas Bumi Borneo Basketball Pontianak 77-42. Ini menjadi kemenangan keempat mereka secara beruntun di IBL 2022 ini.

Hasil ini juga menyamai capaian mereka pada musim 2017 lalu. Rekor terbanyak tercapai pada IBL 2017/2018 saat mereka meraih lima kemenangan beruntun.

Pacific sebenarnya tidak mengawali pertandingan dengan mulus. Bumi Borneo mencuri start dengan lima poin lebih unggul. Setelah menyamakan kedudukan 8-8, Pacific makin tak terkejar dengan menutup kuarter pertama dengan margin lima poin.

Minim turn over dan skuad yang makin solid, membuat Pacific menang nyaman hingga kuarter terakhir. Mereka hanya mencetak sembilan turnover saja sepanjang pertandingan. Sedangkan Bumi Borneo membuat tunr over dua kali lebih banyak.

“Sebelum bertanding saya memang ingin anak-anak minim turn over, berani menyarang, dan lakukan penjagaan dengan bagus. Saat ketinggalan diawal, saya ingin mereka tetap tenang dan tetap mainkan sistem yang seperti yang sudah kami rancang,” ungkap pelatih Pacific Aries Herman.

Mengawali pertandingan dari bangku cadangan, Tyron Lamar Criswell menjadi pencetak poin terbanyak. Dia membukukan 21 poin. Selanjutnya Akee Garfield Ellis menyumbangkan 18 poin. Disusul Calvin Chrissler dengan 10 poin.

Situasi berbeda terjadi kepada Bumi Borneo.  Sebelum pertandingan mereka harus kehilangan point guard utamanya yaitu Steven Orlando dan Agam Sebastian. Steven terkonfirmasi positif Covid-19. Sedangkan Agam hasilnya negatif tapi tidak diperkenankan bertanding karena sekamar dengan Steven.

Kondisi ini membuat akurasi tembakan Bumi Borneo anjlok. Dari 68 kali kesempatan, hanya 16 tembakan yang menjadi poin. Akurasi tembakan mereka hanya 23 persen.

“Ada dua faktor. Pertama karena kelelahan. Hal ini membuat akurasi kami menurun tajam. kedua dengan tidak adanya pemain yang sebenarnya sangat kami butuhkan. Hal tersebut membuat permainan kami tidak maksimal,” kata pelatih Bumi Borneo Tondi Raja Syailendra.

Dari seluruh pemai Bumi Borneo memang tidak ada yang berhasil mencetak dua digit poin. Wisnu Budidhama Saputra mencetak delapan poin dan lima rebound. Randy Bell hanya mencetak tujuh poin. (rag)

Foto : Hariyanto

Komentar