IBL

Pelita Jaya Bakrie Jakarta kembali menuai hasil positif ketika berhadapan melawan Pacific Caesar Surabaya. Gim yang berlangsung pada Rabu 19 Januari 2022 di Hall Senayan Basket, Jakarta itu berakhir dengan skor 90-66 untuk kemenangan Pelita Jaya.

Hasil itu makin membuat tim polesan Fictor Gideon Roring makin mempertegas dominasi dengan koleksi enam poin di Divisi Putih IBL musim 2022. Sebaliknya, ini merupakan kekalahan kedua bagi Pacific Caesar dari tiga gim yang sudah mereka lakoni.

Permainan dominan Pelita Jaya baru terlihat usai jeda paruh babak. Sebelumnya, di kuarter kedua, Andakara Prastawa Dhyaksa dan tim sempat mendapat tekanan dari Pacific Caesar. Hanya saja, konsistensi untuk menjaga tempo permainan di dua kuarter pertama, membuat tim asal Surabaya itu harus merelakan kemenangan hari ini.

“Mereka (Pelita Jaya) tim yang kuat dan solid. Kami hanya bisa bertahan di awal-awal saja. Stamina jadi kendala utama bagi kami untuk cari frekuensi yang sama agak sulit, termasuk kedalaman skuat yang masih kurang,” terang Aries Herman usai gim tadi.

Pelita Jaya sempat tertinggal ketika kondisi skor (32-36) di tiga menit sisa kuarter kedua. Momentum itu berbalik, ketika penggawa Pelita Jaya, berhasil melesatkan sembilan poin beruntun. Lewat dua kali tembakan tiga poin dari Govinda Julian Saputra ditambah satu tripoin dari Reggie William Mononimbar untuk membawa Pelita Jaya kembali unggul dengan kedudukan 41-36.

Dari momen tersebut, Pelita Jaya tak mengendurkan serangan sedikitpun. Hingga bisa mengungguli lawannya dengan margin 24 poin. Efektivitas pemain Pelita Jaya pun merata. Semua pemain yang bermain di lapangan pada gim hari ini, turut berkontribusi untuk tim.

Terutama di paint area lawan. Tercatat dalam statistik, point in the paint Pelita Jaya menyentuh angka 38 poin. Persentase dua poin Pelita Jaya juga berada di angka 22/40 (55 persen). Dior Lowhorn yang bermain dari bangku cadangan jadi pencetak poin terbanyak bagi Pelita Jaya hari ini. Lowhorn sukses menyumbang 22 poin dan 7 rebound.

Begitupun dengan Govinda. Tidak berada di lima pemain utama, garda bernomor punggung 20 itu juga bisa mencetak 15 poin dan 7 rebound. Persentase tripoin Govinda meyentuh angka 44 persen. Satu pemain lainnya adalah kapten tim Pelita Jaya, Andakara Prastawa. Di gim hari ini Pras sukses melesatkan 15 poin bagi kemenangan timnya.

“Pacific bermain hebat, ini benar-benar berbahaya. Mereka bisa jadi kejutan untuk tim lain. Kami sempat kehilangan fokus, untungnya bisa diatasi. Tapi, di tiap gim kami ingin menang, yang paling penting bagaimana kita bisa berkembang terus menerus,” ucap pelatih Pelita Jaya yang akrab disapa Ito itu.

Di kubu lawan sendiri, Tyron Criswell bermain cukup baik bagi Pacific Caesar. Ia sukses membukukan 19 poin dan 7 rebound. Begitu juga dengan Yonatan yang sukses mencetak 10 poin untuk timnya. Namun, itu belum cukup membantu Pacific Caesar keluar dari jalur kekalahan.

Di gim terakhir seri Jakarta Pacific Caesar akan menghadapi NSH Mountain Gold Timika. Sementara, Pelita Jaya bakal bersua West Bandits Combiphar Solo, pada Jumat 21 Januari 2022 mendatang. (hth)

Foto: Hariyanto

Komentar