IBL

Philadelphia 76ers jadi tim ketiga James Harden dalam waktu dua tahun terakhir. Namun, Harden tak bisa menyembunyikan perasaan bahagianya bisa menjalani debut bersama Sixers, Jumat, 25 Februari 2022, waktu setempat.

Dalam kemenangan telak 133-102 Sixers atas Minnesota Timberwolves, Harden menjalani debut yang penuh sejarah. Mencetak 27 poin, 8 rebound, dan 12 asis, Harden jadi pemain pertama dalam sejarah NBA yang memainkan laga debut di tiga tim berbeda dengan mencetak setidaknya 25+ poin dan 12+ asis. Di debutnya bersama Houston Rockets dan Brooklyn Nets, ia membukukan 30+ poin.

Usai gim, Harden pun membagi kesan debutnya kepada USA Today. "Saya merasa sangat prima secara fisik dan perasaan. Bisa bergabung dengan orang-orang yang punya tujuan sama, tim pelatih yang sangat mendukung, serta manajemen dengan visi yang bagus, membuat saya cukup senang. Apalagi kami berhasil mendapatkan kemenangan. Secara permainan, kami bertahan dengan bagus dan ini membimbing kami ke penyerangan yang juga lebih bagus."

Meski menang dan tampil solid, Harden tak ingin terlena. Tujuan akhirnya dan Sixers adalah juara atau melaju sejauh mungkin di playoff dan ini baru gim perdana mereka bersama. "Malam ini adalah permulaan yang sempurna. Namun, perjalanan masih panjang. Kami akan melakukan segalanya untuk membawa hal-hal baik ke dalam tim ini. Kami akan mempersiapkan diri untuk hal besar di depan sana," pungkasnya.

Persaingan di Wilayah Timur musim ini sangatlah ketat. Sixers hanya punya sisa 23 gim untuk mencari posisi terbaik mereka di playoff dan membangun kekuatan lebih besar lagi. Menentukan posisi playoff juga akan jadi tugas yang tidak mudah. Dengan situasi sekarang, peringkat teratas pun akan berjumpa dengan Brooklyn Nets, Atlanta Hawks, Charlotte Hornets, atau Toronto Raptors. 

Keuntungan terbesar Sixers adalah fakta bahwa Harden adalah pemain yang mudah beradaptasi. Ditambah dengan keberadaan Joel Embiid sebagai pusat permainan Sixers, tugas Doc Rivers sebagai kepala pelatih kini adalah meramu skuat pendukung yang tepat. Utamanya saat dua bintang ini butuh waktu istirahat.

Sixers ada di peringkat tiga klasemen sementara Wilayah Timur. Mereka hanya berjarak tiga kemenangan dari puncak klasemen dan dua kekalahan dari turun ke peringkat empat. Situasi jelas tidak mudah, namun optimisme Harden bisa jadi pemantik awal dari potensi Sixers jadi kekuatan utama di Wilayah Timur. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar