IBL

Setelah dihentikan sementara pada awal Februari, kelanjutan musim Indonesian Basketball League (IBL) 2022 akhirnya menemukan titik terang. Melalui rilis di laman resmi mereka, IBL memastikan musim akan berlanjut pada 3 Maret nanti. 

Seperti yang sebelumnya diwacanakan, IBL pun akhirnya beradaptasi dengan situasi penyebaran covid-19. IBL mengubah sistem dari kota ke kota dengan kembali ke sistem yang sama seperti 2021, sistem gelembung (bubble).

Melalui rilis ini pula, IBL mengabarkan bahwa gelembung akan digelar di Jakarta. Lapangan yang dipilih adalah Gedung Basket Gelora Bung Karno Jakarta. Nantinya, seluruh personel yang terlibat akan menginap di Hitel Century Park Senayan. Tempat latihan untuk para pemain adalah GBK Arena yang juga terletak di Senayan.

 "Setelah beberapa pertimbangan untuk memulai kompetisi dengan mengubah format menjadi kembali sistem gelembung terpusat, Jakarta menjadi pilihan ideal untuk kondisi saat ini", kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah.

Pada pertemuan para tim-tim IBL, Jumat, 18 Februari, disampaikan bahwa selain kapasitas hotel yang memadai, fasilitas penunjang baik di sekitar kawasan dan medis juga mendukung. Seperti rumah sakit, lokasi lab tes, serta faktor sistem operasional penyelenggaraan di Jakarta sudah pernah dijalankan Seri 1 yang lalu sehingga akan lebih mudah bagi manajemen untuk melakukan penyesuaian. 

"Perubahan format di tengah musim yang dikarenakan lonjakan kasus covid-19 nasional memang tidak mudah dan waktu untuk persiapan tidak banyak. IBL akan upayakan yang terbaik dan faktor mitigasi terhadap kasus covid-19 ini menjadi perhatian utama dalam kelanjutan musim kompetisi Maret mendatang," imbuh Junas. 

"Tim peserta IBL akan memasuki gelembung pada 1 Maret tentu dengan clearance bebas covid-19. Sebelum memasuki gelembung mereka harus melewati prosedur protokol kesehatan dan kami akan meminta pengawasan lebih diperketat oleh masing-masing Sub Satuan Tugas covid-19 di masing-masing tim."

Pada 21 Februari semua personel diharapkan sudah mulai melakukan karantina mandiri dan melakukan tes swab PCR pertama pada 22 Februari. Tes PCR kedua akan dilaksanakan pada 27 Februari, kemudian sebelum memasuki gelembung di Hotel Century semua personil akan menjalani tes swab PCR ketiga. (DRMK)

Foto: Hariyanto

Komentar