IBL

Sudah tiga pertandingan yang dijalani Dewa United Surabaya. Semuanya berakhir dengan kemenangan, namun hanya terpaut skor yang tipis. Termasuk ketika mereka mengalahkan Tangerang Hawks dengan skor 70-86 di Hall Basket Senayan, Jakarta, Kamis malam, 20 Januari 2022. Sebelumnya Dewa United menang 73-72 atas Bima Perkasa, lalu menang 66-64 atas Satya Wacana. 

Di gim hari ini, tiga pemain Dewa United punya penampilan yang bagus. Mereka adalah Kaleb Ramot Gemilang, Kevin Moses Poetiray, dan Dishon Lurell Lowery. Kaleb dan Kevin sama-sama mencetak 17 poin. Sementara, Lowery sukses mengemas dobel-dobel, dengan catatan 10 poin dan 15 rebound. Dari kubu HAwks, Richard David Ross menorehkan dobel-dobel (28 poin dan 15 rebound). Disusul Ardian Ariadi dan Danny Ray yang menyumbang total 23 poin.

"Setiap gim punya sisi emosional, senang sekali para pemain bisa bekerja keras hari ini, kami akan terus perbaiki di gim berikutnya," ucap pelatih Dewa United, yang akrab disapa coach Bedu itu.

Sempat memimpin jalannya pertandingan sampai bisa unggul 18 poin, Hawks kehilangan konsistensi menjelang gim selesai. Dua poin lewat layup Lowery di menit ketiga kuarter keempat, jadi momentum Dewa United mengungguli lawannya, kondisi berubah (65-64). Hawks mendapat kesempatan, untuk kembali unggul atas lawannya, ketika Richard Ross mendapat dua tembakan gratis di sisa 24 detik terakhir.

Sayangnya, ia gagal menambah poin dari kesempatan tersebut. Kegagalan itu juga menambah catatan buruk Ross di laga ini. Akurasi tembakan bebasnya hanya berada di angka 2/11 (18 persen). Penguasaan bola pun berbalik untuk Dewa United. Di sisa 10 detik terakhir, Kaleb dan Kevin Moses justru bisa memperlebar margin keunggulan timnya. Dua tembakan bebas dan satu tembakan gratis dari Kaleb dan Kevin, mempertebal keunggulan Dewa United (70-68) atas Tangerang Hawks.

“Saya rasa ini karena pemain tidak konsisten. Saya minta mereka tampil beda, dua kuarter awal itu berhasil, tapi kami kehilangan di dua kuarter akhir. Kekalahan ini jadi pembelajaran, agar pemain lebih optimis dan bisa ambil kemenangan di gim terakhir,” imbuh Efri Meldi, pelatih Hawks.

Di laga selanjutnya, Dewa United akan bersua Indonesia Patriots dan Tangerang Hawks berjumpa Amartha Hangtuah Jakarta. (hth)

Foto: Hariyanto

 

Komentar