IBL

Dewa United Surabaya jadi tim kedua yang sapu bersih (4-0) di IBL 2022 Seri Jakarta. Mereka menyusul Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang sebelumnya menorehkan rekor yang sama. Di laga terakhir, Dewa United melumat Indonesia Patriots dengan skor 71-44 di Hall Basket Senayan, pada Sabtu 22 Januari 2022. Sebaliknya, untuk Patiorts kekalahan ini jadi yang ketiga kalinya (1-3) dari empat gim yang mereka lakoni di seri Jakarta.

Patirots dibuat tidak berdaya setelah sempat unggul 8 poin di lima menit awal kuarter pertama, Barisan pertahanan mereka terlihat rapuh, sangat mudah ditembus oleh skuat Dewa United. Bahkan, di kuarter kedua, mereka hanya mampu mencetak tiga poin saja ketika skor (30-18) untuk keunggulan Dewa United sebelum jeda antar babak.

Patriots pun sempat tertinggal 30 poin (67-37), setalah dua tembakan tripoin Kaleb Ramot Gemilang di sisa dua menit terakhir kuarter keempat melesat mulus masuk ke ring Patriots. Kekalahan ini jadi catatan penting bagi anak-anak Patriots. Sebab, di tiga gim sebelumnya mereka tidak pernah kalah jauh dengan margin sebesar ini.

"Mereka bermain sangat cermat dalam menyerang. Gim ini masih soal kepercayaan diri. Saya tahu ini sangat tidak menguntungkan bagi kami, tapi saya lebih ingin anak-anak bisa lebih kuat ke depannya," imbuh Milos Pejic, kepala pelatih Indonesia Patriots.

Kevin Moses dan Kaleb jadi penyumbang poin terbanyak bagi Dewa United. Kevin Moses mencetak 19 poin. Kaleb membukukan 15 poin, serta tambahan 12 poin dari Xaverius Prawiro dan satu pemain asing Dewa United, juga turut memberikan sumbangsih di gim hari ini. Dia adalah Dishon Lowery yang menyudahi laga dengan dobel-dobel, 10 poin dan 14 rebound.

Di lain sisi, penyuplai poin terbanyak Patriots dicetak oleh Ali Bagir (11 poin) dan Mario Davidson (10 poin). Secara statistik, akurasi tembakan mereka hanya di angka 18/75 (24 persen) saja. Itu jadi torehan akurasi tembakan terburuk sepanjang seri Jakarta.

Itu berbanding terbalik dengan akurasi tembakan Dewa United yang berada di angka 43 persen serta 56 persen akurasi tembakan dua poin. Layup Jamarr Andre Johnson di detik akhir kuarter empat pun menutup pesta kemenangan Dewa United (71-44) atas Indonesia Patriots.

“Anak-anak bermain dengan bagus, khususnya dalam eksekusi strategi yang dibuat. Rasanya senang bisa menang, tapi Patriots sebenarnya bisa lebih dari hari ini. Mereka punya daya juang besar, mereka juga masih muda dengan kemampuan seperti ini,” pungkas Andika “Bedu” Saputra, pelatih kepala Dewa United. (hth)

Foto: Hariyanto

 

Komentar