IBL

Pertandingan dramatis tersaji ketika Dewa United Surabaya berhadapan melawan DNA Bima Perkasa Yogjakarta pada gim kedua, hari ketiga IBL musim 2022. Melalui dua poin terakhir dari Kaleb Ramot Gemilang di dua detik akhir pertandingan, Dewa United berhasil mencuri kemenangan tipis atas Bima Perkasa Yogyakarta dengan skor 73-72.

Kemelut yang terjadi di daerah pertahanan Bima Perkasa benar-benar jadi mimpi buruk bagi mereka. Pemain Dewa United yang sedang dalam penguasaan bola setelah mengambil timeout terakhir, memanfaatkan momentum tersebut untuk mengambil kemenangan sore hari ini.

Lewat skema serangan dari sisi kiri pertahanan lawan, Wendha Wijaya yang berada di posisi yang pas untuk memasukan bola ke ring, lebih memilih memberikan bola kepada Kaleb yang juga berdiri di bawah ring. Akhirnya, Kaleb sukses mengeksekusi bola dengan baik, untuk mengembalikan keadaan menjadi 73-72 bagi Dewa United.

Andika Saputra, pelatih Dewa United menyatakan kemenangan ini meruakan kerja keras dari para pemain. “Ini gim pertama yang menegangkan, kunci kemenangan kami hari ini kerja keras, saya percayakan sama pemain. Saya bilang kerahkan yang terbaik sampai akhir laga. Syukur Kaleb bisa dapat momentum di detik-detik terakhir,” ucap pelatih yang akrab disapa Bedu itu.

Permainan Dewa United di kuarter keempat ini sangat berbeda jauh, dibanding kuarter sebelumnya. Di kuarter ketiga, mereka kerap melakukan turnover, sampai kehilangan penguasaan bola. Tercatat, sebanyak delapan kali turnover, dimana tiga diantaranya disebabkan 24 seconds violation. Itu berbanding terbalik di kuarter keempat. Mereka bangkit sampai bisa mengunci kemenangan.

Pemain terbaik di gim ini layak disematkan pada Kaleb. Forwarda senior berusia 31 tahun itu memainkan perannya sebagai kapten dengan baik di tim. Juga sekaligus, jadi comeback manis setelah menepi dua musim terakhir. Di gim tadi, Kaleb sendiri menyumbang 24 poin ditambah 7 rebound. Satu pemain Dewa United lainnya yang bermain baik adalah Kevin Moses. Ia sukses mencetak 11 poin, 4 rebound, juga 3 asis.

Dari kubu lawan sendiri, tiga pemain Bima Perkasa berkontribusi lebih untuk tim. Ketiganya mencetak dua digit poin Mereka adalah David Tanner Atkinson (13 poin), David Simeon Pandjaitan (12 poin), dan Rachmad Febri Utomo (12 poin). Sayangnya, itu belum bisa membawa kemenangan perdana mereka di IBL musim ini.

“Pertandingan hari ini sangat ketat. Kami harus cepat bangkit dan segera melupakan pertandingan hari ini,” ucap pemain yang akrab disapa Febri ‘Kempling’ itu. “Pelatih sudah kasih instruksi ke kami, tapi ada yang miss. Imbasnya kami kehilangan kemenangan hari ini,” imbuh forwarda benomor punggung 8 itu.

Di gim selanjutnya Bima Perkasa Jogjakarta akan menjajal kekuatan Amartha Hangtuah Jakarta. Sementara, Dewa United Surabaya bakal berjibaku melawan Satya Wacana Salatiga, pada pertandingan hari Selasa 18 Januari 2022 besok. (hth)

Foto: Hariyanto

Komentar