IBL

Masalah Letter of Clearance (LOC) kembali menimpa IBL. Pada laga melawan Pacific Caesar Surabaya, Prawira Bandung hanya bisa menurunkan satu pemain asing, karena Brian Williams LOC-nya belum beres. Saat ini IBL tengah berupaya agar dokumen tersebut bisa beres sebelum Prawira menjalani pertandingan berikutnya.

IBL pernah terganjal masalah LOC di musim 2020. Saat itu, beberapa pemain asing tidak bisa tampil di Seri Kediri. Tapi tahun ini IBL lebih sigap, sehingga LOC bisa dirampungkan sebelum musim bergulir. Namun tetap saja mereka kebobolan satu orang yaitu pemain Prawira, Brian Williams. Saat ini IBL sudah mengupayakan penyelesaian masalah LOC sejak bulan Desember 2021 kemarin sudah berkoordinasi dengan PP Perbasi untuk komunikasi dengan federasi negara terakhir di mana Williams bermain, yaitu Argentina. IBL berupaya agar Williams bisa segera tampil, namun semua itu bergantung pada federasi setempat.

Permasalahannya pemain tersebut belum mengantungi semacam Letter Of Clearence (LOC). Dokumen tersebut dibuat oleh FIBA utuk mengatur pergerakan pemain internasional yang tampil lintas negara. Supaya mereka terdaftar secara resmi, dan tidak sembarangan untuk pindah-pindah negara. 

"Pemain yang tampil di liga antarnegara harus di cek. Mereka main di mana sebelumnya. Kemudian dari federasi akan memberikan izin kepada pemain tersebut," kata Junas Miradiarsyah sebagai Direktur IBL, dikutip dalam rilis resmi liga. "Perlu dicatat bahwa yang memberikan LOC ini bukan liga atau klub. Yang berhak mengeluarkan LOC adalah federasi negara masing-masing."

Junas menerangkan bahwa LOC ini sepertinya sulit didapatkan. Ternyata permasalahan tersebut berkaitan dengan culture di negara masing-masing. Misalnya, ketika mereka weekend, banyak federasi yang benar-benar tutup. Sehingga mereka tidak membuka email dari federasi negara lain. "LOC terlambat, itu karena negara penerima. Karena ada indikasi bahwa standar penerimaan atau pekerjaan mereka beda-beda," ungkap Junas. 

Saat ini ada 30 pemain asing yang terdaftar di IBL 2022. Mereka semua sudah diurus LOC-nya. Tinggal Brian Williams yang belum beres. Sementara Prawira sendiri tetap bisa tampil bagus di laga pembuka musim 2022. Mereka menang 71-54 atas Pacific Caesar Surabaya. (tor)

Foto: Instagram Brian Williams

 

Komentar