IBL

Prawira Bandung menang 69-61 atas Bumi Borneo Basketball Pontianak dalam lanjutan IBL 2022 Seri Jakarta, Rabu sore, 19 Januari 2022. Yudha Saputra bermain efektif dan membawa kemenangan kedua bagi timnya. Yudha mencetak 22 poin, 2 rebound, dan 3 asis dalam 33 menit di lapangan. Sebaliknya, Bumi Borneo sudah menelan tiga kekalahan. 

Selain Yudha, ada Taj Davis Spencer dan Brian Michael Williams. Kedua pemain asing itu, sama-sama menorehkan 15 poin bagi Prawira di  gim malam ini. Spencer mencetak dobel-dobel dengan tambahan 10 rebound. 

Kepala pelatih David Singleton merasa puas dengan hasil ini. Dirinya senang dengan performa Yudha di gim ketiga Prawira. "Dia (Yudha) bermain baik, dia bisa terus tingkatkan permainan yang terbaik untuk tim," tuturnya, usai pertandingan.

Dari kubu lawan, pemain asing Bumi Borneo kembali menjadi tulang punggung untuk timnya. Austin Mofunanya, senter bernomor punggung 0 itu mampu mencatatkan dobel-dobel dengan raihan 20 poin dan 14 rebound. Satu pemain lainnya, Ngurah Wisnu Budidharma Saputra turut menyumbang 13 poin dan 5 rebound buat Bumi Borneo. Namun mereka berdua tidak bisa membawa timnya menang.

Sejak tepis mula, Prawira memang sudah memperlihatkan pola serangan cepat. Menurunkan dua garda, Yudha dan Abraham Damar, tim polesan David Singleton itu bisa melesat dengan margin 16 poin dari Bumi Borneo. Kondisi itu berbeda jauh dari Bumi Borneo. Meskipun sempat mengikis ketertinggalan, tim besutan Toni Raja Syailendra itu belum pernah unggul sedikit pun dari lawannya tersebut. Ketika gim berjalan lima menit terakhir, Budianto sempat memperkecil margin ketertinggalan timnya dari Prawira.

Tambahan dua poin dari layup-nya, memangkas jarak ketertinggaln empat poin timnya atas Prawira menjadi (58-62). Setelahnya, justru Prawira bisa terus berlari, meninggalkan Bumi Borneo. Budhidharma Saputra coba buka asa dua menit jelang buzzer berbunyi. Namun, itu jadi poin terakhir bagi Bumi Borneo. Gim pun berakhir 69-61 bagi Prawira.

"Permainan kita sesuai plan. Kami banyak antisipasi pemain lokal mereka. Kami coba hentikan Abraham, justru Yudha bisa tampil menggila," tutur Rimbun Sidhahuruk, asisten pelatih Bumi Borneo.

Di gim terakhir Jumat 21 Januari 2022 lusa, Prawira akan menjalani laga kontra Satria Muda Pertamina. Sementara, Bumi Borneo akan bersua RANS PIK Basketball. (hth)

Foto: Hariyanto

Komentar