IBL

Satria Muda Pertamina Jakarta bangkit di kuarter keempat dan menang 68-66 atas Prawira dalam lanjutan IBL 2022 Seri Jakarta, Jumat malam, 21 Januari 2022. SM unggul 20-9 di kuarter keempat, dan memupus harapan Prawira yang sempat memimpin 19 poin di laga ini. 

Meski Prawira sempat unggul 19 poin, tapi tensi pertandingan tetap tinggi. Di kuarter kedua terjadi hujan tripoin, yang membuat Prawira memimpin. Dari total 42 poin yang tercipta di kuarter kedua, tercatat ada 21 poin dari tembakan tripoin kedua tim. Satria Muda mendulang 15 poin dan Prawira menghasilkan 6 poin.

Jerih payah pemain Satria Muda untuk mengambil alih keunggulan menuai hasil ketika Juan Laurent Kokodiputra memasukkan tembakn tripoin. Momen itu terjadi saat pertandingan tersisa dua menit di kuarter keempat. Kedudukan berubah menjadi (64-63), Satria Muda unggul untuk pertama kalinya di sepanjang pertandingan ini.

Selanjutnya, poin Satria Muda terus bertambah. Tembakan perimeter Arki Dikania Wisnu membuat Satria Muda memperlebar jarak (66-63). Namun, kondisi itu tidak berlangsung lama. 15 detik kemudian, Yudha Saputera langsung membalasnya dengan tembakan tiga poin. Skor kini kembali imbang menjadi 66-66. Menginjak satu menit terakhir, Arki kembali menghujam ring Prawira, untuk merubah skor menjadi 68-66. 

Percobaan dari Abraham Damar Grahita di empat detik terakhir gagal menuai poin bagi Prawira. Mereka harus merelakan kemenangan di gim hari ini dari Satria Muda. "Para pemain bermain baik, bisa fight sampai akhir. Kami memang masih mencari rotasi terbaik tidak adanya Hardi di tim masih jadi catatan penting," ucap Youbel Sondakh pelatih kepala Satria Muda usai laga.

Di kubu Satria Muda, tiga pemain mereka membukukan digit poin ganda. Arki Wisnu jadi top skor malam hari ini, dengan mengemas 21 poin. Menyusul, pemain asing Satria Muda, Elijah Foster mencatat dobel-dobel, dengan raihan 13 poin dan 25 rebound. Serta Juan Laurent yang menyudahi gim dengan torehan 14 poin.

Dari sisi lawan, dua garda andalan Prawira kembali tampil bagus di gim malam ini. Yudha Saputera sukses menyumbang 17 poin. Diikuti Abraham Damar yang mengemas 14 poin. "Kami dalam kondisi baik sepanjang laga. Hanya di akhir sempat ada salah komunikasi yang berdampak pada hasil akhir kekalahan bagi kami," ujar David Silengton, pelatih Prawira. 

Hasil ini turut mengamankan posisi Satria Muda yang sudah mengemas tiga kemenangan dan menelan satu kekalahan dari empat gim seri Jakarta. Di lain pihak, Prawira sudah mengantungi enam poin (2-2) sejauh ini. (hth)

Foto: Hariyanto

 

Komentar