IBL

Cleveland Cavaliers bisa disebut sebagai salah satu kejutan terbesar musim ini. Datang dengan skuat yang sangat muda dan perjalanan babak-belur setelah LeBron James angkat kaki, Cavaliers seolah "terlahir" kembali di musim ini. 

Catatan 19 kemenangan dari 32 gim membuat mereka kini bertengger di peringkat lima klasemen sementara Wilayah Timur. Sedikit perbandingan, musim lalu Cavaliers hanya meraih total 22 kemenangan. Musim sebelumnya lagi, mereka bahkan total meraih jumlah kemenangan yang sama dengan yang mereka raih sekarang, 19.

Atas pencapaian apik Cavaliers musim ini, manajemen pun tak ragu untuk langsung memberikan perpanjangan kontrak untuk kepala pelatih, J.B. Bickerstaff. Kabar ini pertama kali disampaikan oleh ESPN yang lantas dikonfirmasi melalui rilis resmi Cavaliers. 

"Kami percaya bahwa J.B. Bickerstaff adalah sosok kepala pelatih yang tepat untuk membawa organisasi ini menuju masa depan yang baik," terang Koby Altman, Manajer Umum Cavaliers. "Keputusan memberi perpanjangan kontrak ini tak berdasar pada performa apik awal musim ini, melainkan berdasarkan apa yang ia tunjukkan sejak ia datang ke sini."

"Cara ia memimpin, pengalaman melatih, dan komitmennya dalam mengembangkan pemain muda sejalan dengan apa yang organisasi ini percayai. Kami pun ingin terus melihat inovasi dan strateginya dalam membentuk tim ini menuju kesuksesan di masa yang akan datang," pungkasnya.

Rilis resmi sendiri hanya menyebut bahwa JB sepakat untuk perpanjangan kontrak lebih dari satu tahun. Namun, laporan ESPN menyebutkan kedua pihak sepakat bekerjasama sampai musim 2026-2027. 

Cavaliers adalah tim pertama JB sebagai kepala pelatih "sungguhan". Sebelumnya, ia hanya menjabat sebagai kepala pelatih sementara di Houston Rockets. JB pun mengemban tugas ini sejak 19 Februari 2020, setelah Cavaliers pisah dengan John Beilein. Cavaliers sendiri bisa disebut menghadapi musim ini dengan pendekatan yang unik. Memiliki Jarrett Allen dari pertukaran pemain musim lalu dan memilih Evan Mobley dari NBA Draft, mereka lantas merekrut bigman lainnya di bursa pemain bebas, Lauri Markkanen. Cavaliers juga tak melepas Kevin Love. 

Namun, ternyata JB bisa menjawab pertanyaan publik dengan baik. Para bigman bekerjasama dengan baik. Ditambah performa apik Darius Garland dan Ricky Rubio, Cavaliers pun berkembang menjadi salah satu tim yang cukup solid. Per hari ini, Cavaliers ada di urutan ketiga tim dengan pertahanan terbaik, hanya kalah dari Phoenix Suns dan Golden State Warriors. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar