IBL

Chicago Bulls memberikan pengumuman bahwa pemainnya, Alize Johnson masuk karantina karena positif Covid-19. Dia menjadi pemain ke-10 yang absen karena karantina. Tetapi keputusan menunda pertandingan Bulls dikritik oleh netizen. Komisioner NBA Adam Silver jadi sasaran karena dianggap terlambat mengambil sikap.

Bulls pada pertandingan sebelumnya sudah kehilangan sembilan pemain, yaitu Zach LaVine, DeMar DeRozan, Troy Brown Jr., Matt Thomas, Coby White, Javonte Green, Derrick Jones Jr., Ayo Dosunmu, dan Stanley Johnson. Tapi saat itu liga tidak menunda pertandingan. Padahal Bulls hanya bisa menurunkan sembilan pemain saja. 

Komisioner NBA Adam Silver menjadi sasaran netizen di media sosial. Kebanyakan dari mereka menganggap liga tutup mata dengan apa yang terjadi di Bulls. Liga membiarkan Bulls hanya bertanding dengan sembilan pemain, dan kalah dua laga berturut-turut. Kekalahan tersebut jelas merugikan bagi Bulls. Karena sebelumnya mereka berada di peringkat dua klasemen Wilayah Timur. 

Namun liga tampaknya menjawab kritik tersebut. Ini setelah manajemen Bulls mengumumkan bahwa mereka kehilangan Alize Johnson, atau pemain ke-10 dalam roster yang masuk karantina. Pada Senin malam, waktu Amerika Serikat, NBA akhirnya mengeluarkan keputusan bahwa menunda dua pertandingan Bulls yaitu melawan Detroit Pistons dan Toronto Raptors. Sebab Bulls hanya memiliki delapan pemain dalam roster, yang merupakan jumlah minimun dalam daftar pemain menurut aturan NBA. 

Pemain yang dinyatakan masuk protokol kesehatan dan keselamatan harus absen setidaknya 10 hari, dan mengembalikan dua tes negatif Covid-19 dalam periode 24 jam, sebelum mereka bisa bertanding lagi. Namun para pengamat berharap aturan NBA harus diubah. Khususnya dalam kondisi pandemi seperti ini. Mereka berharap agar pertandingan bisa ditunda, kalau tim tersebut tidak memiliki 4-5 pemain di bangku cadangan. Tujuannya agar permainan bisa seimbang. (tor)

Foto: Chicago Tribune

Komentar