IBL

Indonesia menutup perjalanan di FIBA Women's Asia Cup 2021 Division B sebagai peringkat tiga, Sabtu, 13 November 2021.

Berhadapan dengan Kazakstan yang sudah dikalahkan sebelumnya di babak grup, Indonesia kembali perkasa dengan kemenangan 79-55. Indonesia tak sekalipun tertinggal di gim ini dan tampil rapi dengan hanya enam turnover sepanjang gim.

Kimberley Pierre-Louis jadi top skor gim dengan dobel-dobel 23 poin dan 10 rebound selama 31 menit. Kim memasukkan 9/18 tembakan (50 persen). 

Satu-satunya pemain Indonesia lain yang mencetak angka digit ganda adalah Mega Nanda Perdana Putri dengan 10 poin plus 5 rebound. Seluruh 12 pemain Indonesia tampil di gim hari ini dengan 11 di antaranya berhasil mencetak poin. 

"Pertama, saya ingin berterimakasih kepada Tuhan atas kami diberi kesempatan untuk bisa di sini, mewakili Indonesia," buka Kim usai gim. "Kami semua juga berhasil melewati turnamen tanpa satupun cedera. Ini adalah turnamen yang bagus, gim-gim yang seru, sebuah pengalaman yang menarik untuk kami semua. Saya sangat bangga dengan tim kami, bagiamana kami bertarung di setiap laga dan berkembang dari waktu ke waktu."

"Saya juga bangga kepada pelatih, Lin Chi-Wen. Ia memiliki sebuah perjalanan yang hebat dan juga berkembang bersama kami. Saya cukup emosional karena pengalaman ini benar-benar luar biasa. Terakhir, terima kasih untuk teman-teman semua yang selalu mendukung kami, maju basket Indonesia!," pungkasnya.

Hasil ini memang tak membuat Indonesia lolos ke Divisi A. Namun, ini adalah sebuah hasil yang cukup baik berkaca pada tidak adanya liga domestik dan sudah cukup lama absennya basket internasional, utamanya di sektor putri. Gelaran terakhir yang diikuti timnas putri adalah SEA Games 2019 Filipina.

Di gim final, Lebanon berhasil mengalahkan Yordania dengan skor telak 80-40. Lebanon pun berhak lolos naik ke Divisi A digelar FIBA Women's Asia Cup selanjutnya. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar