IBL

Tahapan seleksi Timnas Elite Muda sudah selesai. Tim pelatih sekarang sedang menimang nama-nama yang bakal masuk roster tim yang akan membawa bendera Indonesia Patriots di IBL 2022. Menurut Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Junior Njoo Lie Wen, nama-nama pemain akan diumumkan selambat-lambatnya minggu depan. 

Seleksi untuk Timnas Elite Muda digelar dua kali. Tahap pertama berlangsung di GMC Arena Cirebon pada 15-19 Oktober 2021. Lalu yang kedua digelar di DBL Acaademy, Surabaya pada 4-6 November 2021. Dari dua tahap tersebut, tim pelatih yang dikepalai oleh Milos Pejic akan memilih nama-nama pemain yang bakal dibawa ke Jakarta. 

"Saat ini tim pelatih sedang memilih pemain dari dua seleksi tersebut. Rencananya nama-namanya akan segera kami umumkan. Mungkin selambat-lambatnya minggu depan. Karena pada dasarnya para pelatih sudah bisa melihat kemampuan mereka," terang Njoo Lie Wen, ketika dihubungi Mainbasket.

Soal komposisi pemain, Lie Wen menyerahkan semuanya di tangan Milos Pejic. Namun ada dua nama yang pasti masuk roster, yaitu Dame Diagne dan Serigne Modou Kane. Dua pemain muda yang sudah berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). 

"Nantinya pemain-pemain yang terpilih akan latihan di Jakarta untuk persiapan IBL 2022. Soal tempatnya memang sudah dipilih oleh pelatih. Menurutnya di Jakarta bakal lebih mudah untuk mencari lawan uji tanding," katanya. 

Soal pemain asing, Njoo Lie Wen masih belum bisa memastikan. Menunggu pembicaraan dengan pihak IBL dan PP Perbasi. Tapi Lie Wen berpendapat bahwa Timnas Elite Muda yang akan membawa bendera Indonesia Patriots di IBL nanti tidak perlu memakai pemain asing. Sebab tujuan awal dibentuknya tim ini adalah memberikan pengalaman bertanding untuk para pemain. 

Seperti yang sudah berjalan tiga tahun terakhir, Indonesia Patriots sebagai program pemusatan latihan pemain timnas Indonesia yang dilakukan PP Perbasi, menjadi salah satu kontestan IBL di musim reguler. Namun mereka tidak bisa tampil di playoff, meski ada di zona tersebut pada klasemen akhir. Karena dibuatnya program tersebut hanya untuk menguji kemampuan para pemain. (tor)

Foto: Dika Kawengian - DBL Indonesia

 

Komentar