IBL

PP Perbasi melalui Badan Tim Nasional (BTN) junior sudah menggelar seleksi untuk pembentukan Timnas Elite Muda yang baru. Seleksi tahap pertama dilakukan di Cirebon, pada 15-19 Oktober 2021. Karena belum menemukan pemain yang cocok, BTN akan melakukan seleksi tahap kedua di Surabaya. 

Seleksi tahap pertama di GMC Arena, Cirebon, diikuti 25 pemain dari 10 provinsi. Seleksi ini dipimpin langsung oleh pelatih Milos Pejic, dan dua asisten yaitu Ricky Gunawan dan Roland Lengkong. Menurut Ketua BTN Junior, Njoo Lie Wen bakal ada seleksi tahap kedua sebelum Timnas Elite Muda dibentuk.

"Saat ini masih belum final. Ada seleksi tahap kedua yang kemungkinan akan kami gelar di Surabaya. Untuk detailnya akan kami umumkan dalam waktu dekat," katanya, ketika dihubungi Mainbasket, Jumat, 22 Oktober 2021. 

Baca juga: PP Perbasi Buat Timnas Elite Muda Baru, Seleksi 25 Pemain di Tahap Pertama

Untuk tahap kedua nanti, bakal ada pemanggilan pemain yang baru. Jadi 25 nama yang ikut seleksi tahap pertama, tidak akan dipanggil lagi. Namun pelatih sudah mengantongi nama-nama pemain yang dianggap layak masuk timnas junior.

"Kalau dari hasil seleksi kemarin, tim pelatih melihat 5 sampai 6 pemain yang dianggap mampu bersaing di IBL musim depan. Oleh karena itu perlu tambahan," jelasnya.

Sebenarnya Timnas Elite Muda sudah punya dua nama yang pasti masuk. Mereka adalah dua pemain naturalisasi Indonesia, Dame Diagne dan Serigne Modou Kane. Sementara untuk pemain asing, masih dipertimbangkan. 

"Dame dan Modou sudah pasti masuk. Namun untuk pemain asing kami masih memikirkannya, perlu atau tidaknya. Karena tujuan kami hanya untuk memberi jam terbang ke pemain muda. Namun IBL memang memakai jasa pemain asing," ungkap pemilik klub GMC tersebut. 

Untuk seleksi Timnas Elite Muda hanya ada dua tahapan saja. Njoo Lie Wen berharap bulan November nanti timnas muda sudah terbentuk. Sehingga mereka bisa menyiapkan diri untuk mengikuti IBL 2022. (tor) 

Foto: Hariyanto

Komentar