IBL

Timnas Elite Muda akan kembali meramaikan IBL 2022 yang akan digelar mulai 15 Januari nanti. Masih mengusung nama Indonesia Patriots, para pemain muda terbaik bangsa ini bertekad memberi warna dalam kompetisi kasta tertinggi bola basket nasional. Kepala Pelatih Milos Pejic menegaskan bahwa mereka memang cari pengalaman, tapi dia menargetkan bisa mencuri beberapa kemenangan di liga nanti.

"PP Perbasi menurunkan pemain muda di IBL karena ingin memberikan jam terbang kepada mereka agar lebih berkembang. Dengan ditempa di kompetisi, akan membuat mereka menjadi pemain yang lebih matang ke depannya. Mereka diharapkan bisa menjadi pelapis di timnas," terang Ketum PP PERBASI Danny Kosasih, dalam jumpa pers, Kamis pagi, 13 Januari 2022. "Sementara tim dipegang Milos Pejic, pelatih Rajko Toroman akan membantu mengarahkan tim tersebut.

Menurut Danny, secara kualitas, para pemain muda di Indonesia Patriots tidak diragukan lagi. Tapi, mereka butuh pengalaman bertanding. Sebab mereka nantinya bakal menjadi pelapis timnas senior. Terdekat, Indonesia akan dihadapkan multieven antarnegara ASEAN, SEA Games XXXI, pada bulan Mei nanti di Hanoi. Pada ajang tersebut, para pemain muda bakal dilibatkan. Disamping itu, timnas masih mengandalkan pemain-pemain yang sudah ada, seperti Andhakara Prastawa, Lester Prosper, Brandon Jawato, Arki Dikania Wisnu, Abraham Damar Grahita dan lainnya.

Sementara itu, kepala pelatih Patriots Milos Pejic tidak masalah tim asuhannya diisi pemain usia muda dan minim pengalaman. Sebaliknya, dia tertantang untuk mengalahkan kontestan IBL lainnya. Ini sesuai dengan tujuan dibuatnya tim ini yang dipersiapkan untuk masa depan. Dan, IBL diharapkan bisa membantu mereka berkembang menjadi lebih baik.

"Tim Patriots berisi pemain muda, namun kami percaya terhadap ide tim ini yang dipersiapkan untuk masa depan Indonesia. Target kami di IBL adalah mempercepat proses penyerapan strategi pelatih selama kompetisi dan dengan semangat muda mereka saya yakin bisa terwujud," ucap Coach Milos. 

Milos pun tidak akan memikirkan hasil dari setiap pertandingan di IBL. Terpenting, setiap pemain memberikan yang terbaik di setiap game. "Harapan kami, tim ini bisa memenangkan beberapa game selama seri IBL," tegas pelatih asal Serbia ini.

Kapten Indonesia Patriots Ali Bagir Al Hadar berharap dengan bermain di IBL mendapatkan experience bermain pada level tertinggi bola basket di Indonesia. Bersama rekan setimnya, akan berjuang pantang menyerah untuk mendapatkan hasil terbaik. Sekalipun tim ini diisi pemain muda dengan experience belum sebanyak pemain senior di tim lainnya.

"Ke depannya jika saya bisa dipercaya untuk membela timnas senior, saya akan memberikan permainan terbaik saya untuk negeri ini," jelas Ali Bagir.

Berikut roster Indonesia Patriots di IBL 2022:

(tor)

Foto: rilis PP Perbasi

 

Komentar