IBL

Musim lalu IBL tanpa pemain asing karena pandemi Covid-19. Pada musim 2022 nanti, IBL rencananya dkembali menggunakan jasa pemain asing. Saat ini sudah terdaftar 186 pemain berasal dari 18 agen berlisensi resmi FIBA. IBL Draft untuk memilih pemain asing akan diselenggarakan pada 10 November 2021.

"Nama-nama populer yang pernah meramaikan IBL tahun-tahun sebelumnya, kembali menjadi kandidat untuk musim mendatang. Selain itu juga ada nama-nama baru yang memiliki profil dan pengalaman yang sangat menarik," kata Junas.

Aturan tentang pemain asing tahun ini berbeda dari musim sebelumnya. Kali ini semua tim hanya bisa memilih dua pemain, dengan tinggi maksimal dua meter. Namun dari dua pemain asing tersebut, tidak boleh diturunkan bersamaan. Jadi dalam pertandingan nanti, pemain asing tampil bergantian. 

"Perbedaan untuk musim mendatang, secara teknis di lapangan hanya dapat diturunkan satu pemain saja. Kami melihat kompetisi musim 2021 lalu, dengan baiknya penampilan para pemain lokal. Maka dengan komposisi ini diyakini akan menambah keseruan melalui aksi-aksi tambahan dari pemain asing, dan juga memberi kesempatan kepada para pemain lokal untuk memaksimalkan potensinya," imbuh Junas.

Rencana penggunaan pemain asing ini disampaikan pada proses audiensi dengan pihak pemerintah di waktu-waktu sebelumnya, seperti kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Kesehatan dan mendapatkan dukungan. Diharapkan situasi penanganan Covid-19 terus membaik kedepannya. Pemain asing dijadwalkan sampai di Indonesia pada 2 Desember 2021. (tor)

Daftar pemain asing bisa dilihat di tautan berikut: https://iblindonesia.com/news/daftar-186-pemain-asing-yang-siap-didraft

Foto: Hariyanto

 

Komentar