IBL

Harrison Barnes mencetak tripoin tepat sebelum buzzer berbunyi. Eksekusi yang dingin di bawah penjagaan Devin Booker tersebut membuat Sacramento Kings menyudahi perlawanan Phoenix Suns, dengan skor 110-107, di Talking Stick Resort Arena, Rabu malam, waktu Amerika Serikat. 

Boleh dibilang, Kings terlambat panas di laga ini. Karena mereka tertinggal 12 poin di akhir kuarter kedua. Namun Kings tak putus asa. Mereka lebih produktif di kuarter ketiga dengan mencetak poin lebih banyak dari tim tuan rumah (29-15). Kings bisa berbalik unggul 13 poin di pertengahan kuarter keempat. 

Terjadi ketegangan di menit-menit akhir. Pada 32 detik tersisa, Booker mengirimkan umpan kepada Mikal Bridges, yang menyelesaikannya dengan alley-oop dunk. Skor sama kuat 107-107 tercipta. Suns punya kesempatan mencetak poin, namun tembakan Booker melenceng. 

Karena mendapatkan defensive rebound, pelatih Luke Walton meminta time-out terakhir. Dengan 1,4 detik tersisa, De'Aaron Fox bisa menemukan Harrison Barnes yang berusaha lepas dari penjagaan Booker. Dengan percaya diri, Barnes melompat dan menembakkan bola tersebut. Waktu pertandingan habis bersamaan dengan masuknya bola ke ring Suns. Pemain Kings pun berhamburan masuk ke lapangan untuk memeluk Barnes. 

Sebenarnya tembakan tersebut tidak diperkirakan oleh Kings. Karena Suns menjaga ketat Buddy Hield yang sedang panas. Pemain cadangan Kings tersebut mencetak poin tertinggi dengan torehan 26 poin dalam 27 menit. Hield membuat 7 tripoin dari 11 percobaan. Namun justru eksekutor terakhir bukan Hield, melainkan Barnes.

Strategi Walton cukup jitu. Sebab, Barnes sendiri musim ini sudah mengoleksi rata-rata 26,8 poin dari empat pertandingan bersama Kings. Akurasi tembakan keseluruhan mencapai 51,4 persen. Dan, yang paling menggembirakan adalah akurasi tripoin di kisaran 51,3 persen dari total 8,3 percobaan per laga. Pantas kalau dia jadi eksekutor di momen-momen genting seperti hari ini. 

Barnes sendiri menyelesaikan laga dengan catatan 22 poin, 9 rebound, dan 4 asis. Disusul De'Aaron Fox (18 poin), Tyrese Haliburton (15 poin), Richaun Holmes (12 poin), dan Alex Len (10 poin). Sebaliknya di tim Suns, Devin Booker mencetak 31 poin. Deandre Ayton menambahkan dobel-dobel dengan catatan 21 poin dan 21 rebound. (tor)

Foto: nba.com

Komentar