IBL

Sacramento Kings memberi Phoenix Suns kekalahan pertama mereka musim ini, dengan skor 106-103, Sabtu malam, waktu Amerika Serikat. Suns menjadi korban kedua Kings di Golden 1 Center, setelah sebelumnya mereka menang atas Denver Nuggets, Rabu lalu. Kemenangan Kings atas Suns menjadi kado istimewa pada peringatan 35 tahun Jerry Reynolds.

Kings sempat meninggalkan Suns 13 poin di kuarter pertama. Margin tersebut membuat Kings makin percaya diri menghadapi gempuran Suns di sepanjang gim. Kings unggul total rebound dari Suns (56-40). Mereka juga unggul poin dari area kunci sebanyak 62 poin. Kings mengumpulkan 15 offensive rebound, serta mendapatkan 26 poin dari second chance.

Kelima pemain inti Kings mencetak poin digit ganda. De'Aaron Fox mencetak 24 poin, Buddy Hield (14 poin), Marvin Bagley III (13 poin), Harrison Barnes dan Richaun Holmes masing-masing 11 poin. Sementara dari bangku cadangan Nemanja Bjelica menyumbang 12 poin. Bagley dan Barnes sama-sama mencetak dobel-dobel. Barnes menambahkan 10 rebound, sedangkan Bagley 11 rebound.

Kings memang gagal mengantisipasi serangan garda Suns. Buktinya, Devin Booker bisa mencetak 26 poin, dan Chris Paul menambahkan 22 poin dan 12 asis. Tetapi Kings berhasil meredam bigman lawan, khususnya DeAndre Ayton. Rotasi bigman yang direncanakan kepala pelatih Luke Walton berhasil. Ayton hanya mencetak sembilan poin saja. Dalam dua gim pertamanya, Ayton selalu bermasalah dengan pelanggaran. Ayton sudah melakukan lima pelanggaran di awal kuarter keempat.

Kings mencetak akurasi tembakan keseluruhan sebesar 45,3 persen (39-86). Masalah Kings masih sama yaitu akurasi tripoin. Di gim tersebut, mereka hanya mencetak 5 dari 23 percobaan tripoin.

Kemenangan tersebut sekaligus menjadi kado istimewa untuk legenda Kings, Jerry Reynolds. Dia menjadi bagian Sacramento Kings sejak tahun 1985. Dia pernah menjadi asisten pelatih, pelatih sementara, hingga kepala pelatih di tahun 1988 hingga 1990. Setelah berhenti sebagai pelatih, dia ditunjuk sebagai manajer umum Kings. Tak hanya itu, Reynolds juga menjabar sebagai manajer untuk tim Sacramento Monarchs di WNBA, dan pensiun pada tahun 2003. Pengabdiannya di King berlanjut saat dia ditunjuk sebagai penyiar di NBA 2016-2017. Renolds saat ini berusia 76 tahun. Sebagai penghormatan, Kings mengabadikan namanya di pintu masuk media, di Golden 1 Center.

Selanjutnya, kedua tim akan bertanding kembali pada hari Minggu, 27 Desember waktu setempat. Jadwal ini tidak mengherankan, sebab pertemuan sesama divisi akan lebih sering terjadi di paruh pertama musim ini. Kings dan Suns sama-sama berada di Divisi Pasifik. (tor)

Foto: Sactown Royalty

Komentar