IBL

Pertandingan 3x3 Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dimulai hari ini, Selasa, 12 Oktober 2021. Untuk hari pertama ini, mayoritas pertandingan yang berlangsung dari Grup A, baik putra dan putri. Meski baru dimulai, sudah ada beberapa tim yang sudah memastikan diri ke semifinal.

Di kategori putri, tim Papua berhasil membungkus dua kemenangan. Papua digawangi pemain 3x3 nasional, Lea Elvensia Wolobubo Kahol. Di pertandingan pertama, Papua melibas Sumatera Barat dengan skor 21-10. Lalu di pertandingan kedua, Papua menang telak atas Kalimantan Barat dengan skor 21-5. Dengan hasil tersebut Papua sudah lolos ke semifinal.

"Memang sudah lolos. Tetapi kami ingin juara grup. Kami ikuti saja prosesnya. Sementara saya sendiri tidak terbebani ketika bermain di rumah sendiri," kata Lea Kahol.

Papua akan bertanding lagi melawan DKI Jakarta, besok sore. Pertandingan tersebut menjadi penentuan juara Grup A. Sebab, DKI Jakarta juga membungkus dua kemenangan di hari pertama. DKI Jakarta menang 21-5 atas Kalimantan Barat, lalu menundukkan Sumatera Barat dengan skor akhir 8-6. Dari hasil hari pertama ini, maka kans Sumatera Barat dan Kalimantan Barat lolos ke semifinal sangat kecil. Sebab, mereka sudah kalah dua kali.

Sementara di sektor putra, Tim 3x3 putra Jawa Timur (Jatim) berhasil mengawali perjalanan mereka di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 dengan baik. Jatim menang 21-15 dari Jawa Tengah, dan menundukkan Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan skor akhir 19-16. Namun Jatim masih mengincar posisi juara Grup A, agar bisa langsung masuk ke semifinal.

Sementara itu, Sulsel dan Jateng sama-sama memetik satu kemenangan dengan mengalahkan Papua. Sulsel menang 16-14 dari Papua. Sedangkan Jateng juga menang melawan Papua dengan skor yang sama (16-14). Papua sudah kalah dua kali di babak penyisihan. 

Di hari pertama, tim-tim dari grup B menjalani satu pertandingan. Tim putri Bali menang 10-6 atas Sulawesi Selatan. Kemudian Jawa Tengah mengalahkan Jawa Barat dengan skor 9-7. Di sektor putra, Jawa Barat menang telak atas Sumatera Utara dengan skor 19-4. Lalu DKI Jakarta melibas Riau dengan skor akhir 22-9. (tor)

Foto: PB PON

Komentar