IBL

Babak penyisihan 3x3 Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua rampung pada Rabu malam, 13 Oktober 2021. Sebanyak 12 tim (6 putra dan 6 putri) lolos ke babak playoff. Di hari kedua, sempat terjadi Walk-Out dari salah satu peserta karena kekurangan pemain.

Pertandingan hari kedua merupakan penentuan bagi tim-tim untuk memastikan tempat di babak playoff. Tim putra Jawa Timur perkasa dengan menundukkan Papua, 17-14. Hasil tersebut membuat Jatim berhak menempati satu tempat di semifinal sebagai juara grup A, karena sapu bersih tiga pertandingan.

Sementara di grup B, ada DKI Jakarta yang akhirnya lolos ke semifinal karena diuntungkan dengan Walk-Out dari Sumatera Utara. Menurut Trianti selaku Technical Delegate cabor 3x3, salah satu pemain Sumut mengalami cedera parah. Mereka hanya membawa tiga pemain, sehingga tidak bisa melanjutkan kompetisi.

"Sumut tampil dengan tiga pemain. Lazimnya satu tim empat pemain, mereka datang dengan tiga pemain. Lalu salah satu pemainnya cedera. Cedera lutut. Meniskusnya robek jadi tidak bisa lanjut. Tim Sumut sudah kirimkan surat keterangan dari dokter RSUD Mimika. Kemudian berdasarkan aturan FIBA, tim yang main di lapangan harus tiga pemain untuk pertama kali. Makanya Sumut dianggap lost by forfeit. Meski Sumut kena diskualifikasi, tapi poin di pertandingan sebelumnya tetap dihitung," katanya.

Kondisi ini menguntungkan bagi DKI Jakarta dan Riau. Mereka tidak perlu bertanding di melawan Sumut, namun sudah dianggap memenangkan satu laga. DKI Jakarta tetap jadi juara grup B, meski di laga terakhir kalah 17-18 dari Jawa Barat. Karena dalam 3x3 tidak mengenal selisih poin. Kalau ada tim yang sama secara head-to-head, maka yang dihitung adalah jumlah poin memasukkan.

"Bedanya kalau di 5on5, kalau WO gitu ada poinnya 20-0. Tapi kalau di 3x3 itu tidak ada. Bahasanya W-0. Kalau di 3x3 gak ada istilah poin. Pertama itu penghitungan klasemen berdasarkan jumlah kemenangan. Kalau ada yang jumlah kemenangannya sama, maka dilihat head-to-head. Lalu kalau masih sama, maka yang dihitung hanya poin memasukkan," jelasnya.

DKI Jakarta menang dua kali (termasuk satu kemenangan WO). Namun dari dua laga yang mereka mainkan DKI Jakarta bisa mengumpulkan poin rata-rata 19,5 poin. Sehingga mereka langsung lolos ke babak semifinal. Sementara Jawa Barat dan Riau masuk babak perempat final.

Berikut bagan playoff 3x3 PON XX Papua 2021 untuk kategori putra:

Beralih ke sektor putri, tim 3x3 putri Papua mendominasi grup A setelah menang 13-9 atas DKI Jakarta. Dengan tiga kemenangan di babak penyisihan, maka Papua lolos ke babak semifinal. Di grup B, Bali juga sapu bersih. Di laga ketiga, mereka menang 14-9 atas Jawa Barat. Bali juga langsung lolos ke semifinal.

Ada empat tim yang akan berlaga di babak perempat final. Sumatera Barat bertanding melawan Jawa Tengah, dan pemenangnya sudah ditunggu Papua di semifinal. Di sisi lain, DKI Jakarta ditantang Sulawesi Selaran. Pemenang dari laga tersebut akan berhadapan dengan Bali.

Berikut bagan playoff 3x3 PON XX Papua 2021 untuk kategori putri:

Babak playoff 3x3 akan berlangsung di Gor Basket Mimika Sports Complex, pada Kamis, 14 Oktober 2021. Semua pertandingan, dari babak perempat final, semifinal, hingga final akan dilangsungkan selama satu hari. Jadi hari ini akan diketahui siapa juara 3x3 untuk pertama kalinya dalam sejarah PON. Karena 3x3 merupakan cabor baru di ajang empat tahunan tersebut. (tor)

Foto: PB PON

 

Komentar