IBL

Dua tahun adalah waktu yang sudah dilewati Klay Thompson tanpa bermain di NBA. Penampilan terakhirnya di NBA terjadi di Gim 6 final NBA kala Golden State Warriors melawan Toronto Raptors yang terjadi pada 13 Juni 2019. Di gim itu, Klay terkena cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL). Saat akan melakukan comeback di musim lalu, ia kembali menelan pukulan hebat karena cedera Achilles.

"Anda harus bersabar dengan tubuh Anda," buka Klay dalam media day Warriors mengenai proses panjang ini. "Otak Anda tahu bahwa Anda bisa melakukan hal-hal yang biasa Anda lakukan selama ini. Namun, di beberapa waktu, saat Anda memutuskan bagian dari ligamen Anda, proses untuk kembali ke kebiasaan lama akan butuh waktu yang lama. Anda harus bisa membiarkan rasa frustasi mengalir pergi dari diri Anda, utamanya saat Anda sangat ingin kembali bermain," imbuhnya.

Tak sekadar sudut pandang atas diri sendiri, Klay juga merasakan perbedaan dari tim yang ia lihat kini. Memang, Stephen Curry dan Dryamond Green masih ada dalam skuat, Andre Iguodala juga kembali, namun ini benar-benar skuat yang berbeda dari saat terakhir Klay bermain.

"Tidak banyak memang, tapi jelas ada perubahan di barisan cadangan. Ya ini semua adalah bagian dari bisnis. Jordan Poole kini sudah memasuki musim ketiganya di NBA, padahal saya masih ingat ia menjadi ruki. Ke mana waktu sudah berlalu?," kelakarnya.

"Melihat deretan pemain muda ini membuat saya kembali bersemangat. Ini mengingatkan saya saat pertama kali saya, Steph, dan Dryamond ada di tim ini. Semua begitu segar dan setiap hari adalah kesempatan baru untuk kami menjadi lebih baik. Beruntungnya, secara skuat inti, kami tak banyak berubah dan mereka-mereka ini adalah sosok yang siap memberikan segalanya untuk menang," tutupnya.

Kata terakhir dalam pernyataan Klay rasanya adalah hal terpenting dalam seluruh perjalanan ini. Jika nantinya kembali, Klay pun tak berharap apapun selain menang. Kemenangan yang membawa ia, Steph, dan Draymond masuk ke jajaran elite NBA. Kini, dengan waktu comeback semakin dekat, Klay bisa membuat Warriors kembali ke kejayaan dan membuat mereka menjadi lawan yang tidak ingin dijumpai tim-tim lainnya. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar